11 Fakta Jelang Final Carabao Cup: Chelsea Vs Liverpool

ADVERTISEMENT

11 Fakta Jelang Final Carabao Cup: Chelsea Vs Liverpool

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 25 Feb 2022 21:06 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 02: Kai Havertz of Chelsea battles for possession with Virgil van Dijk and Caoimhin Kelleher of Liverpool during the Premier League match between Chelsea and Liverpool at Stamford Bridge on January 02, 2022 in London, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)
11 Fakta terkait duel final Carabao Cup 2022 Chelsea vs Liverpool (Getty Images/Shaun Botterill)
London -

Chelsea dan Liverpool akan bertemu di final Carabao Cup 2022 akhir pekan ini. Berikut 10 fakta terkait duel dua raksasa di final Piala Liga Inggris tersebut.

Wembley Stadium, Minggu (27/2/2022) malam WIB, akan jadi saksi siapa yang bakal berjaya di kompetisi yang juga bernama Piala Liga Inggris itu. Chelsea berupaya meraih trofi keenamnya di ajang ini.

Sementara, Liverpool ingin menyudahi puasa trofi domestik sekaligus merebut gelar kesembilannya di turnamen ini, sekaligus merebut lagi status penguasa. Maklum torehan delapan gelar Liverpool kini disamai Manchester City.

Pertarungan dua manajer asal Jerman, Thomas Tuchel dan Juergen Klopp, sudah pasti akan muncul selama 90 menit. Sebelum menyaksikannya, berikut ada 10 fakta yang dirangkum Opta terkait final Carabao Cup 2022 ini.

- Ini jadi pertemuan ketiga Chelsea dan Liverpool di final mayor (tidak termasuk Community Shield dan Piala Super). The Blues memenangi dua final sebelumnya - termasuk kemenangan 3-2 di Piala Liga Inggris 2005.

- Liverpool ingin mengincar gelar kesembilan di turnamen ini, dengan gelar terakhir didapat pada 2012 lewat kemenangan adu penalti atas Cardiff City. Ini adalah final ke-13 mereka di kompetisi ini - setidaknya empat lebih banyak daripada tim lain.

- Chelsea tampil di final kesembilannya di Piala Liga Inggris. Blues menjuarai lima kali, hanya kalah dari Liverpool dan Manchester City yang punya delapan gelar.

- Ini akan jadi pertemuan kedelapan Chelsea dan Liverpool di ajang Piala, dengan Blues memenangi empat dari tujuh duel sebelumnya, termasuk final Piala Liga Inggris pada 2005.

- Chelsea akan jadi tim Inggris pertama yang mampu tampil di salah satu final kompetisi domestik (Piala Liga/Piala FA) selama enam tahun beruntun. Lolos ke final Piala FA pada 2016/2017, 2017/2018, 2019/2020, dan 2020/2021, serta Piala Liga Inggris 2018/2019 serta 2021/20222.

- Chelsea selalu clean sheet di tiga laga Piala Liga Inggirs terakhirnya - perempatfinal menghadapi Brentford dan dua laga semifinal kontra Tottenham Hotspur - mereka tak pernah clean sheet di empat laga beruntun kompetisi ini. Dalam sejarah Piala Liga Inggris, satu-satunya finalis yang selalu clean sheet sedari perempatfinal hingga final adalah Swansea City pada 2012/2013.

- Manajer Chelsea Thomas Tuchel bakal jadi manajer kedelapan yang mampu membawa tim Inggris ke final Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Piala Champions/Liga Champions. Dia juga jadi manajer Chelsea pertama yang melakukannya.

- Ini jadi kali pertama sejak final 2012, ada dua manajer dengan kebangsaan sama bertemu ketika dua orang Skotlandia, Kenny Dalglish bertemu Malky Mackay saat duel Liverpool vs Cardiff. Ini jadi kali pertama dua manajer non Inggris Raya bertemu di partai final.

- Sadio Mane mencetak delapan gol ke gawang Chelsea di seluruh kompetisi, hanya kalah dari jumlah gol menghadapi Crystal Palace (13 gol).

- Christian Pulisic mencetak gol untuk Chelsea di final Piala FA 2020 saat kalah dari Arsenal. Dia bisa saja jadi pemain keenam Chelsea yang mencetak gol di dua kompetisi mayor domestik (Piala Liga Inggris/Piala FA) setelah Bobby Tambling, Peter Osgood, Roberto Di Matteo, Didier Drogba, dan Diego Costa.

- Diogo Jota membuat gol ke gawang Leicester di perempatfinal dan Arsenal di leg kedua semifinal Carabao Cup musim ini. Dia bisa jadi pemain kedua Liverpool yang membuat gol di babak perempatfinal hingga final di kompetisi ini selama semusim, setelah Kenny Dalglish di 1980/1981.

(mrp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT