MU Ditekuk Arsenal, Bukan Urusan Ten Hag

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 25 Apr 2022 16:40 WIB
Ajaxs Dutch coach Erik ten Hag talks to journalists during the Toto KNVB Cup Press Conference prior to the cup final against PSV Eindhoven at the Johan Cruyff Arena in Amsterdam on April 15, 2022. - Ajaxs Dutch coach Erik ten Hag is strongly rumoured to be next man tasked with reviving United as a title contender after years of disappointment. (Photo by Koen van Weel / ANP / AFP) / Netherlands OUT
Erik ten Hag baru akan melatih Manchester United mulai musim depan. Foto: AFP/KOEN VAN WEEL
Nijmegen -

Erik ten Hag enggan bicara soal kekalahan Manchester United atas Arsenal akhir pekan lalu. Pelatih asal Belanda itu menilai itu masih bukan urusannya.

Ten Hag masih akan melatih Ajax Amsterdam hingga akhir musim ini. Setelah itu, barulah ia mulai fokus dengan pekerjaan barunya, yakni menjadi manajer MU. Ia sudah sepakat dengan kontrak selama tiga musim, dengan opsi perpanjangan setahun.

Di musim terakhirnya di Ajax, Ten Hag ingin memberikan hadiah perpisahan berupa trofi juara. Ia punya kesempatan meraihnya di final Piala Belanda pada 17 April lalu, namun Dusan Tadic dkk kalah 1-2 dari PSV Eindhoven.

Ajax juga sudah tersingkir di 16 besar Liga Champions musim ini di tangan Benfica, sehingga gelar Liga Belanda menjadi satu-satunya yang bisa diraih di akhir musim.

Saat ini, Ajax sedang memimpin klasemen sementara dengan 75 poin dari 30 laga, unggul empat angka dari PSV di posisi kedua dengan empat laga tersisa. Terbaru, mereka baru saja mengalahkan NEC Nijmegen 1-0 pada akhir Sabtu lalu.

Kebetulan, laga itu bersamaan harinya dengan laga Arsenal vs MU, yang dimulai beberapa jam lebih awal. MU kalah 1-3 di laga itu, membuat kans Setan Merah ke Liga Champions musim depan kian berat.

Ten Hag pun ditanya soal laga tersebut. Meski begitu, ia menyatakan dirinya tak akan ikut campur dengan apa yang terjadi pada MU yang saat ini dilatih Ralf Rangnick. Urusannya dengan MU baru akan dimulai musim panas mendatang.

"Saya tak punya pendapat soal itu, sebab saya menghormati orang-orang yang ada di MU saat ini. Dan seperti yang sudah saya bilang, saya saat ini bertanggung jawab terhadap Ajax dan itulah yang bisa saya beri komentar," kata Ten Hag, dikutip Metro.

"Saya tetap berkonsentrasi dan fokus dengan pekerjaan yang harus saya lakukan, terlepas apapun yang terjadi di sekitar saya."

Wartawan yang penasaran tak menyerah untuk membahas MU dengan Ten Hag. Ia ditanya lagi, apakah sudah melakukan perencanaan untuk pekerjaannya nanti di MU. Pelatih berkepala plontos itu lantas memberi jawaban tegas.

"Sudah, tapi Anda selalu menghabiskan waktu membahas masa depan. Pikiran dan energi saya saat ini tercurah untuk Ajax," jelas Ten Hag, emoh mengurus MU saat ini.

(adp/aff)