ADVERTISEMENT

Pemain Muslim Liverpool Tetap Oke Sepanjang Ramadan, Apa Rahasianya?

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 28 Apr 2022 07:10 WIB
Liverpools Sadio Mane, right, celebrates after scoring his sides third goal during the English FA Cup semifinal soccer match between Manchester City and Liverpool at Wembley stadium in London, Saturday, April 16, 2022. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Sadio Mane, penyerang muslim Liverpool. (Foto: Kirsty Wigglesworth/AP)
Liverpool -

Liverpool punya bintang-bintang muslim, dan tetap tampil oke sepanjang Ramadan. Apa kiatnya?

Bulan suci Ramadan juga dirasakan pesepakbola top Eropa. Banyak yang tetap berpuasa meski harus berpeluh keringat di lapangan hijau.

Liverpool, raksasa Liga Inggris, punya dua penyerang muslim. Sadio Mane dan Mohamed Salah menjadi ujung tombak The Reds.

Sepanjang Ramadan, yang berlangsung sejak 2 April lalu, Liverpool sudah bermain sebanyak 7 kali hingga hari Rabu (27/4) waktu setempat. Mane dan Salah rupanya tetap tampil oke.

Mane bisa bikin lima gol dalam periode itu, termasuk dua golnya ke gawang Manchester City di semifinal Piala FA serta satu gol saat menggebuk Manchester United 4-0.

Penampilan Salah dan Mane layak mendapat kredit khusus, sebab terlihat sepanjang Ramadan. Saat bermain melawan City misalnya, laga digelar pada pukul 15.30 waktu setempat, yang menjadi waktu di mana matahari cukup terik. Di Inggris, para pemain berpuasa sampai lebih dari pukul 20.00 malam waktu setempat.

Mane menjelaskan, ada metode khusus yang diterapkan Liverpool, khusus untuk mengakomodir pemainnya yang berpuasa. Sebagai pemain muslim, bintang asal Senegal itu mengaku meminta jadwal latihan diubah.

"Ini tidak mudah, karena bermain dan berlatih selama Ramadan sama sekali tidak mudah. Tapi sebelum Ramadan, kami mencoba berbicara dengan kapten dan memberi tahu bos bahwa mungkin kami bisa mengubah jadwal untuk berlatih di pagi hari," kata Mane kepada beIN Sports.

"Itu akan membuat kami lebih mudah dan jika Anda berlatih di pagi hari, Anda punya waktu untuk istirahat dan pulang. Sebaliknya, akan sulit jika Anda berlatih seperti pukul dua atau tiga seperti sebelumnya. Itu akan sulit. Pelatih mengatakan ya, dan itu membuat segalanya lebih mudah dan kami berusaha melakukan yang terbaik," jelasnya.

Liverpool sendiri mendapat 'berkah' berkat penampilan apik para pemainnya di bulan Ramadan. Si Merah masih berpeluang quadruple, alias meraih empat gelar dalam semusim, yakni menjuarai Liga Inggris, Piala FA, serta Liga Champions--menggenapi kemenangan Piala Liga Inggris yang sudah diraih.

Liverpool di ambang kelolosan ke final Liga Champions setelah memenangi leg pertama semifinal kontra Villarreal dengan skor 2-0 dini hari WIB tadi.

Simak Video 'Liverpool Menang 2-0 Atas Villarreal':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT