Newcastle United Vs Arsenal: The Gunners Takluk 0-2

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 17 Mei 2022 03:58 WIB
Newcastle upon Tyne -

Langkah Arsenal menuju Liga Champions menemui ganjalan lagi. Ini setelah The Gunners takluk 0-2 di kandang Newcastle United.

Pada pertandingan Liga Inggris pekan ke-37 yang dihelat di St James' Park, Selasa (17/5/2022) dinihari WIB, gol-gol kemenangan Newcastle dibuat di babak kedua dari bunuh diri Ben White di menit ke-55 dan Bruno Guimaraes di menit ke-85.

Dua kekalahan beruntun membuat Arsenal kini tertahan di posisi kelima klasemen dengan 66 poin, selisih dua angka dari Tottenham Hotspur di posisi keempat. Hanya ada satu laga sisa untuk Arsenal menyalip rivalnya tersebut dan finis empat besar

Newcastle di posisi ke-12 dengan 46 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya pertandingan Newcastle United vs Arsenal

Arsenal yang butuh kemenangan demi merebut kembali posisi keempat dari Tottenham, coba bermain menyerang sejak menit awal. Gabriel yang belum fit usai cedera dipasangkan dengan Ben White yang kondisinya juga 11-12.

Aaron Ramsdale membuat blunder di menit kedelapan yang nyaris membuat gawangnya kebobolan. Umpan panjangnya dipotong Callum Wilson, namun beruntung bola tidak mengarah ke gawang dan dibuang White.

Arsenal kesulitan menciptakan peluang sepanjang babak pertama karena ketatnya pertahanan Newcastle. Eddie Nketiah, Bukayo Saka, dan Martin Odegaard mati kutu.

Newcastle justru lebih banyak menekan Arsenal dan menguasai 61 persen ball possesion. Di menit ke-36, Allan Saint-Maximin menggiring bola dari sisi kiri untuk mengecoh Takehiru Tomiyasu dan melepaskan sepakan yang bisa ditepis Ramsdale.

Hingga turun minum, skor 0-0 tetap bertahan.

Masuk di babak kedua, Arsenal tetap kesulitan untuk lepas dari tekanan Newcastle. Mereka bahkan tidak bisa menciptakan peluang ke gawang sama sekali.

Newcastle malah memimpin duluan di menit ke-55. Joelinton dan Saint Maximin melakukan kerjasama di sisi kiri yang mampu membongkar pertahanan Arsenal.

Joelinton membawa bola sampai mendekati kotak penalti untuk diakhiri dengan umpan tarik ke tiang dekat. Wilson yang dituju tapi bola malah dipotong Ben White hingga menjebol gawangnya sendiri.

NEWCASTLE UPON TYNE, ENGLAND - MAY 16: Ben White of Arsenal scores an own goal under pressure from Callum Wilson of Newcastle United which leads to the first goal for Newcastle United during the Premier League match between Newcastle United and Arsenal at St. James Park on May 16, 2022 in Newcastle upon Tyne, England. (Photo by Stu Forster/Getty Images)Gol bunuh diri Ben White membawa Newcastle memimpin 1-0 Foto: Getty Images/Stu Forster

Keunggulan itu membuat Newcastle lebih nyaman bermain dan Arsenal malah kehilangan akal menembus pertahanan lawan. Satu kans didapat lagi oleh Wilson yang mendapat umpan lambung Bruno Guimaraes, tapi bola tembakannya melayang.

Newcastle hampir mendapat gol keduanya di menit ke-72 ketika Wilson mendapat crossing dari Miguel Almiron. Bola membentur White dan melayang di atas mistar.

Peluang on goal pertama Arsenal dibuat Mohamed Elneny tapi masih tepat di pelukan Martin Dubravka. Arsenal yang terus menekan malah beberapa kali diancam Newcastle.

Satu kans didapat Wilson yang mendapat umpan panjang Dubravka di menit ke-82. Melihat Ramsdale jauh dari gawang, Wilson langsung menembak dari seperempat lapangan meski masih melebar.

Newcastle mencetak gol lagi di menit ke-85 memaksimalkan kesalahan lini belakang Arsenal. Dan Burn merebut bola dari Odegaard dan mengirim umpan terobosan kepada Wilson.

Ramsdale lebih cepat memotong bola tersebut, tapi jatuh di kaki Guimaraes yang mudah saja menceploskan ke gawang. Sampai laga Newcastle United vs Arsenal berakhir, skor 2-0 bertahan untuk keunggulan tuan rumah.

Arsenal kini dalam posisi sulit untuk finis empat besar karena mereka butuh kemenangan di pekan terakhir, sambil berharap Tottenham kalah dari Norwich City.

Susunan pemain

Newcastle United: Martin Dubravka; Emil Krafth, Fabian Schar (Jamaal Lascelles 49'), Dan Burn, Matt Targett; Sean Longstaff, Bruno Guimaraes, Joelinton; Miguel Almiron (Jacob Murphy 76'), Callum Wilson, Allan Saint-Maximin (Ryan Fraser 77').

Arsenal: Aaron Ramsdale; Nuno Tavares (Alexandre Lacazette 62'), Ben White, Gabriel Magalhaes (Nicolas Pepe 73'), Takehiro Tomiyasu (C├ędric Soares 39'); Martin Odegaard, Mohamed Elneny, Granit Xhaka; Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Emile Smith Rowe (Gabriel Martinelli 53').

(mrp/pur)