MU Akan Tenggelam di Papan Bawah Andai Tak Ada Ronaldo, Ini Buktinya

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 18 Mei 2022 05:01 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - MARCH 15: Cristiano Ronaldo of Manchester United looks on during the UEFA Champions League Round Of Sixteen Leg Two match between Manchester United and Atletico Madrid at Old Trafford on March 15, 2022 in Manchester, England. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Ronaldo punya kontribusi besar terhadap penampilan MU musim ini. Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Sumbangsih 18 gol dan tiga assist dari Cristiano Ronaldo di Liga Inggris tetap tak mampu membawa Manchester United lolos ke Liga Champions musim depan. Namun tanpa kehadirannya, posisi Setan Merah di klasemen mungkin saja lebih buruk.

Jika di musim lalu MU berhasil finis sebagai runner-up, musim ini mereka paling bagus hanya akan finis di posisi enam, itu pun belum pasti. Skuad besutan Ralf Rangnick masih bisa digeser West Ham United di pekan terakhir.

MU saat ini punya 58 poin dari 37 laga, unggul dua poin dari The Hammers di posisi ketujuh. Mereka wajib menang di laga terakhir melawan Crystal Palace jika ingin lolos ke Liga Europa musim depan.

Mengacu klasemen saat ini, jika MU sampai kalah atau seri, lalu West Ham menang atas Brighton & Hove Albion, maka skuad asuhan David Moyes-lah yang akan lolos ke Liga Europa, sementara MU hanya akan diberi jatah ke Europa Conference League.

Di tengah perjalanan MU yang penuh lika-liku musim ini, Ronaldo ternyata masih bisa memberi impresi bagus kepada publik lewat performa di lapangan. Tak jarang ia hadir sebagai penyelamat, sampai tagline 'lagi-lagi Ronaldo' lazim terdengar.

Tanpa veteran 37 tahun asal Portugal itu, posisi MU di klasemen Premier League mungkin bisa lebih parah. Gol dan assist atas namanya terbukti memberi perbedaan di sejumlah laga.

Data dari Transfermarkt mencatat, jika gol dan assist Ronaldo dihilangkan, maka MU akan kehilangan 16 poin. Alih-alih mengumpulkan 58 poin, Setan Merah mungkin baru meraih 42 poin saja hingga pekan ke-37. Kok bisa?

Perlu diketahui, 18 gol dan 3 assist yang ia torehkan di Liga Inggris musim ini tercipta dalam 13 laga saja. Dari jumlah laga tersebut, MU meraih 10 kemenangan, dua kekalahan, dan sekali seri. Total poin yang diraih yakni 31.

Jika sumbangsih gol dan assist Ronaldo dihapus dari 13 laga itu, MU hanya akan meraih empat kemenangan, tiga imbang, dan enam kekalahan. Pemenang lima Ballon d'Or itu masih memiliki peran vital dalam skuad MU.

Bagaimana di Liga Champions? Sama saja. Tanpa kontribusi enam gol dari Ronaldo, mereka dipastikan akan tersingkir di fase grup. Alih-alih finis sebagai juara grup dengan 11 poin, mereka hanya akan meraih 6 poin.

Laga-laga di mana Ronaldo mencetak gol dan assist musim ini:

Liga Inggris

MU vs Newcastle United 4-1 (dua gol)
West Ham United vs MU 1-2 (satu gol)
Tottenham Hotspur vs MU 0-3 (satu gol, satu assist)
Watford vs MU 4-1 (satu assist)
MU vs Arsenal 3-2 (dua gol)
Norwich City vs MU 0-1 (satu gol)
MU vs Burnley 3-1 (satu gol, satu assist)
MU vs Brighton & Hove Albion 2-0 (satu gol)
MU vs Tottenham Hotspur 3-2 (tiga gol)
MU vs Norwich City 3-2 (tiga gol)
Arsenal vs MU 3-1 (satu gol)
MU vs Chelsea 1-1 (satu gol)
MU vs Brentford 3-0 (satu gol)

Liga Champions

Young Boys vs MU 2-1 (satu gol)
MU vs Villarreal 2-1 (satu gol)
MU vs Atalanta 3-2 (satu gol)
Atalanta vs MU 2-2 (dua gol)
Villarreal vs MU 0-2 (satu gol)

*) hasil (menang, kalah, atau seri) dari laga yang dicetak tebal akan berubah jika torehan gol atau assist Ronaldo dihapus.

Lihat juga video 'Hat-trick Ronaldo Menangkan Setan Merah dari Norwich':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/raw)