Guardiola Peringatkan Suporter Man City: Kalau Juara, Jangan Rusuh!

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 21 Mei 2022 20:00 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - MAY 20: Manchester Citys Pep Guardiola speaks to the press before the penultimate game of the season against Aston Villa at Manchester City Football Academy on May 20, 2022 in Manchester, England. (Photo by Tom Flathers/Manchester City FC via Getty Images)
Guardiola meminta suporter Man City untuk tak berulah akhir pekan ini. Foto: Manchester City FC via Getty Ima/Tom Flathers
Manchester -

Pep Guardiola meminta suporter Manchester City untuk tidak rusuh jika nantinya keluar sebagai juara Premier League. Ini menyusul munculnya aksi kericuhan yang dilakukan suporter belakangan ini di sepakbola Inggris.

Dalam sepakan terakhir, sepakbola Inggris dikacaukan dengan sejumlah aksi tak bertanggung jawab dari suporter yang masuk ke lapangan lalu menyerang pelatih atau pemain. Deretan kejadian itu mendapat sorotan publik.

Striker Sheffield United, Billy Sharp diserang suporter Nottingham Forest yang masuk ke lapangan usai adu penalti laga semifinal playoff divisi Championship, 17 Mei lalu. Suporter bersangkutan belakangan sudah ditangkap pihak berwajib.

Dua hari berselang, muncul lagi kisruh manajer Crystal Palace, Patrick Vieira dengan suporter Everton yang melakukan pitch invasion usai The Toffees menang 3-2 dan dipastikan bertahan di Premier League. Vieira diduga diprovokasi.

Di hari yang sama, terjadi juga kericuhan di semifinal playoff League Two antara Port Vale vs Swindon Town. Suporter Port Vale merayakan kemenangan adu penalti dengan menyerang para pemain Swindon.

Kecaman pun hadir akibat kejadian ini, termasuk dari para manajer Premier League. Operator kasta tertinggi sepakbola Inggris itu pun tengah berupaya melakukan sejumlah langkah untuk menangkal kejadian serupa di masa depan.

Crystal Palace manager Patrick Vieira reacts after the Premier League match at Goodison Park, Liverpool. Picture date: Thursday May 19, 2022. (Photo by Peter Byrne/PA Images via Getty Images)Patrick Vieira (tengah) dinilai hanya membela diri usai mendapat provokasi dari suporter Everton. Foto: PA Images via Getty Images/Peter Byrne - PA Images

Mengenai apa yang terjadi belakangan ini, Guardiola meminta suporter Man City untuk tak mencontoh perilaku buruk tersebut. Ia meminta suporter tetap berada dalam koridor aturan yang berlaku.

"Mereka harus berhati-hati, apa yang terjadi di Goodison dan Port Vale dan juga di laga lain - semifinal Championship - penuh emosi dan kebahagiaan, itu adalah situasi berbahaya dan kami harus mencoba bersikap sebaik mungkin," ujar Guardiola memberi peringatan, dikutip ESPN.

"Silakan berpesta di momen yang tepat. Insiden yang terjadi sungguh berbahaya, saya paham sikap Patrick karena kamu tak pernah tahu apa yang akan dilakukan orang lain," tegas Guardiola.

Man City akan menjamu Aston Villa di pekan terakhir Liga Inggris, Minggu (22/5/2022). Jika menang, maka Kevin De Bruyne dkk dipastikan menjadi juara musim ini.

(adp/krs)