Rodri Sangat Berarti untuk Man City

ADVERTISEMENT

Rodri Sangat Berarti untuk Man City

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 17 Jun 2022 16:53 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - MAY 22: Rodri of Manchester City scores a goal to make it 2-2 during the Premier League match between Manchester City and Aston Villa at Etihad Stadium on May 22, 2022 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images)
Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Rodri menjadi salah satu aktor penting atas keberhasilan Manchester City menjadi kampiun Liga Inggris musim ini. Sebagai gelandang bertahan, dia wajib konsisten!

Pekerjaan seorang gelandang bertahan bertahan sering tidak diketahui atau diabaikan. Tetapi dengan metrik manapun untuk menyorotinya, dampak Rodri tidak mungkin diabaikan musim ini.

Dia tampil sip saat melawan Liverpool dengan mampu melakukan blok untuk tembakan Fabinho di penghujung laga, yang andai gagal bisa membuat Man City kehilangan poin.

Rodri juga berhasil memberikan gol kemenangan untuk Man City saat melawan Arsenal di Emirates Stadium. Pemain asal Spanyol itu tiba-tiba ada di dalam kotak penalti Arsenal saat menyambut umpan Kevin de Bruyne dan mencetak gol.

"Yang penting untuk menjadi gelandang bertahan adalah selalu stabil: nilai 7, 8, 7, 8. Tidak bagus memiliki nilai 10 dan kemudian hanya 2 atau 3. Mungkin pemain sayap atau striker bisa melakukannya, tetapi untuk gelandang bertahan itu tidak bagus," kata Pep Guardiola selaku manajer Man City, yang dikutip dari situs resmi klub.

"Saya pikir sekarang dia sangat stabil, dia selalu memperhatikan dan dia menyadari apa yang kami cari karena terkadang Anda perlu waktu untuk memahami apa yang kami cari," sambungnya.

"Karena dia berusia 25 tahun, dia masih muda dan mentalitasnya, dia adalah pesaing, yang bisa menunjukkannya di setiap sesi latihan dan pertandingan," Guardiola mengungkapkan.

Rodri terbukti menjadi gelandang bertahan terbaik di Liga Inggris 2021/2022. Rodri memecah permainan lebih baik dari siapa pun, membuat 17 ball recovery per 1.000 sentuhan lawan, jauh lebih banyak daripada siapa pun.

Rodri juga terbukti sangat penting dalam penguasaan bola dengan 91,8 persen umpan akurat. Dia juga berada di puncak daftar untuk operan paling sukses di dalam area lawan, sementara total tujuh gol liganya menggambarkan pengaruhnya secara menyeluruh.

(ran/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT