ADVERTISEMENT

Karena Haaland Cocok Jadi Mesin Kemenangan Manchester City

Yanu Arifin - Sepakbola
Sabtu, 25 Jun 2022 20:02 WIB
MANCHESTER, ENGLAND: In this photo released on June 13, 2022 Manchester City unveil new signing Erling Haaland at Manchester City Football Academy in Manchester, England. (Photo by Tom Flathers/Manchester City FC via Getty Images)
Striker baru Manchester City, Erling Haaland. (Foto: Manchester City FC via Getty Ima/Tom Flathers)
Manchester -

Erling Haaland pindah ke Manchester City bukan karena uang. Striker Norwegia itu mau bergabung karena merasa bisa menjadi mesin kemenangan The Citizens.

Haaland pindah ke City pada musim panas ini. Penyerang 21 tahun itu ditebus dengan total nilai transfer mencapai 75 juta Euro, atau sekitar Rp 1,2 triliun, dari Borussia Dortmund.

Penyerang muda Dortmund itu menjadi incaran banyak raksasa berkat ketajamannya. Haaland bisa membuat 86 gol dari 89 laga bersama klub Jerman tersebut.

Dan pada akhirnya, Haaland memilih City. Kepala Eksekutif City, Ferran Soriano, mengungkap alasan sang pemain mau bergabung.

Menurut Soriano, bukan faktor uang yang membuat Haaland mau pindah ke Manchester. Bukan pula karena ayahnya, Alf-Inge, merupakan eks pemain City.

Namun, Erling Haaland mau bergabung karena merasa cocok dengan City. Ambisi skuad Pep Guardiola, dinilai bakal terwujud bersama ketajaman Haaland.

"Itu proses yang panjang. Dia bisa pergi ke mana saja - ada banyak klub dan semua rumor yang beredar. Kesepakatan itu transparan, karena dia memiliki klausul pelepasan tetapi banyak klub ingin mengontraknya," kata Soriano, dilansir The Sun.

"Dia membuat keputusan dan dia membuatnya berdasarkan kriteria sepakbola. Hal-hal seperti, 'Di mana saya akan bermain? Bagaimana saya akan bekerja dengan pelatih ini?' Itu adalah keputusan sepakbola, karena keputusan finansial bukanlah sebuah tantangan."

"Biaya itu disetujui klausul pelepasan, dan banyak klub bersedia membayar tuntutan gajinya. Poin kuncinya adalah diskusi teknis tentang sepakbola, dan bagaimana dia akan cocok dengan mesin ini, yang bakal berfungsi. Kami telah memenangkan empat dari lima liga terakhir, kami juga mencetak begitu banyak gol, dia harus merasa dia bisa bergabung," jelasnya.

(yna/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT