ADVERTISEMENT

Liverpool Vs MU di Thailand, Tiketnya Paling Murah Rp 2 Juta

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 27 Jun 2022 14:00 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - APRIL 19: Bruno Fernandes of Manchester United looks on as Thiago Alcantara of Liverpool runs with the ball during the Premier League match between Liverpool and Manchester United at Anfield on April 19, 2022 in Liverpool, England. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)
Liverpool dan MU akan bertemu di Bangkok dalam laga pramusim. Foto: Getty Images/Clive Brunskill
Jakarta -

Manchester United dan Liverpool akan bertemu bulan depan dalam laga pramusim di Bangkok, Thailand. Harga tiket termurah yang dijual tak kurang dari 2 juta Rupiah.

Liverpool vs MU akan bertanding di Stadion Rajamangala pada 12 Juli 2022 dalam tajuk The Match: Bangkok Century Cup. Total Sports Asia menjadi penyelenggara yang berhasil mendatangkan dua tim tersebut.

CEO Total Sports Asia, Marcus Luer mengatakan kepada The Guardian bahwa laga Liverpool vs MU akan menjadi "laga yang terbesar di Asia, dan pendapatan yang diperoleh dari sana juga akan menjadi yang terbesar di Asia."

Luer mungkin tak salah. Sebab harga tiket yang dijual untuk laga itu juga tergolong mahal. Tiket termurah yang dijual nilainya sebesar 5 ribu Baht atau sekitar 2,089 juta Rupiah, dan paling mahal yakni 25 ribu Baht atau sekitar 10,44 juta Rupiah.

Tak sedikit yang mengeluhkan angka itu, khususnya kelas pekerja. Masih ada prioritas kebutuhan yang lebih mendesak untuk dipenuhi oleh mereka.

"Dengan gaji yang saya peroleh, saya tak bisa menghabiskan 10 ribu Baht hanya untuk tiket pertandingan sepakbola," ujar salah satu suporter lokal Liverpool, Thesis Laohajarastsang.

"Harganya terlalu mahal, rata-rata gaji di sini sekitar 30 ribu Baht per bulan. Saya paham biaya menggelar laga ini sangat mahal, mungkin sampai ratusan juta, tapi mayoritas suporter tak bisa membelinya. Saya kasihan dengan suporter fanatik yang terpaksa menonton dari rumah."

Hal senada diungkapkan penggemar MU, Jetsada Boonprasom. Ia membandingkan dengan kedatangan Setan Merah pada 2013 silam ketika bertanding melawan Thai All Stars.

"Terakhir MU ke sini pada 2013, tiket paling mahal itu cuma 4 ribu Baht dan habis terjual meski hanya melawan Thai All Stars. Waktu memang sudah berubah, tapi ada yang saya lebih prioritaskan dari selembar tiket. Saya tak akan datang, kemahalan," kata Boonprasom.

Namun ada juga fans yang bersedia merogoh kocek lebih dalam seperti Warunthorn Somkitrungroj. Meski mengaku tiketnya mahal, wanita penggemar MU ini menilai kesempatan menonton dua tim itu tak bisa didapatkan sering-sering, apalagi di Thailand.

"Itu lebih murah dari berangkat ke Inggris langsung. Biaya visanya saja mungkin sudah seharga tiket. Belum lagi tiket pesawat, hotel, dan tiket pertandingan yang mahal dan belum tentu bisa dapat," ujar Somkitrungroj.

Terlepas dari perdebatan harga tiket, kenyataannya laga Liverpool vs MU memang dinanti, dan The Guardian melaporkan tiket yang sudah terjual terbilang laku dan diyakini akan sold out. Suporter kedua tim dari negara-negara lain di ASEAN diperkirakan juga akan hadir.

*) 1 Baht = 417,76 Rupiah

(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT