ADVERTISEMENT

10 Fakta MU vs Liverpool

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 19 Agu 2022 11:35 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 24:  Naby Keita of Liverpool beats Harry Maguire and Luke Shaw of Manchester United during the Premier League match between Manchester United and Liverpool at Old Trafford on October 24, 2021 in Manchester, England. (Photo by Alex Livesey - Danehouse/Getty Images)
MU vs Liverpool di Old Trafford pekan ini (Getty Images/Alex Livesey - Danehouse)
Manchester -

Manchester United akan menghadapi Liverpool akhir pekan ini. Berikut 10 fakta terkait duel MU vs Liverpool.

MU dan Liverpool sama-sama dalam kondisi kurang menguntungkan jelang duel di Old Trafford, Selasa (23/8/2022) dini hari WIB. MU dua kali kalah dan kini terpuruk di juru kunci.

Sementara itu Liverpool untuk pertama kalinya di bawah Juergen Klopp tidak bisa memenangi dua laga awal, setelah diimbangi Fulham serta Crystal Palace.

Selain soal performa, Manchester United dan Liverpool juga dilanda badai cedera yang membuat tim tidak bisa tampil maksimal. Oleh karenanya, kedua tim sama-sama menargetkan kemenangan di laga ketiganya ini.

Angin sedikit mengarah ke Liverpool yang sejatinya lagi punya tren bagus menghadapi MU. Apakah The Reds atau The Red Devils yang berjaya? Berikut 10 fakta yang dilansir Opta:

- Manchester United hanya menang sekali dari 12 duel terakhir kontra Liverpool di Premier League (6 imbang 5 kalah) dan tidak pernah menang dari delapan pertemuan terakhirnya sejak skor 2-1 pada Maret 2018. The Red Devils terakhir kali punya rentetan laga tak pernah menang lawan tim sama di 1983 hingga 1987 (10 laga vs Everton).

- Liverpool mengincar empat kemenangan beruntun pertamanya atas MU sejak Januari 2002, sekaligus juga tiga kemenangan tandang beruntun pertama dalam sejarah.

- Ini jadi kali pertama MU dan Liverpool bertemu di pekan ketiga awal Premier League sejak 2013/2014, di mana Liverpool menang 1-0 di Anfield. Sementara ini jadi kali pertama kedua tim bertemu di bulan Agustus sejak 1972 (kemenangan 2-0 unutk Liverpool).

- Ini juga jadi kali pertama kedua tim bertemu di kompetisi teratas tanpa kemenangan di laga sebelumnya (tidak termasuk laga perdana). Sementara itu, Liverpool tidak pernah hampa kemenangan di tiga laga awal Premier League sejak 2012/2013

- Manchester United kalah di dua laga awal Premier League - hanya tiga kali mereka pernah kalah di tiga laga awal liga sebelumnya, yakni 1930/1931, 1972/1973, dan 1986/1987.

- MU kalah di empat laga Premier League terakhirnya - mereka tidak pernah kalah di lima laga beruntun sejak Januari hingga Maret 1972.

- Erik ten Hag bisa jadi manajer MU kedua yang kalah di tiga laga awal seluruh kompetisi, sejak John Chapman pada 1921.

- Erik ten Hag bakal jadi manajer kelima MU yang dihadapi Juergen Klopp selama di Liverpool. Dia jadi manajer kedua Liverpool yang bertemu lima bos berbeda di MU sejak Tom Watson 1898-1915.

- Mo Salah membuat delapan gol dari empat pertemuan terakhirnya dengan Man United di seluruh kompetisi, enam di antaranya dibuat di Old Trafford termasuk hat-trick musim lalu. Total ada sembilan gol dibuat ke gawang Red Devils, bisa jadi pemain Liverpool pertama yang membuat gol dobel digit ke gawang MU.

- Harry Maguire dan Scott McTominay sudah mendapat dua kartu kuning di dua laga awal MU musim ini. Tidak ada pemain MU yang pernah mendapat kartu kuning di tiga laga awal beruntun di Premier League.

(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT