Kalau Arthur Seburuk Itu, Mana Mungkin Bisa Gabung Liverpool

ADVERTISEMENT

Kalau Arthur Seburuk Itu, Mana Mungkin Bisa Gabung Liverpool

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 03 Sep 2022 05:30 WIB
KIRKBY, ENGLAND - SEPTEMBER 01: (THE SUN OUT, THE SUN ON SUNDAY OUT) Arthur Melo new signing for Liverpool at AXA Training Centre on September 01, 2022 in Kirkby, England. (Photo by Andrew Powell/Liverpool FC via Getty Images)
Arthur dipinjam Liverpool selama semusim. Foto: Liverpool FC via Getty Images/Andrew Powell
Jakarta -

Kepergian Arthur Melo ke Liverpool menyisakan kritik untuk pelatih Juventus, Massimiliano Allegri. Juru taktik 55 tahun itu dinilai tak bisa memaksimalkan potensi gelandang asal Brasil tersebut.

Dibeli dari Barcelona seharga 76 juta Euro pada musim panas 2020 silam, nilai transfernya malah tampak seperti uang yang terbuang percuma. Ia gagal bersinar di Turin.

Cedera bisa dibilang cukup mengganggu perkembangan Arthur. Gonta-gonta pelatih di tubuh Juventus juga tak membantunya. Saat ia baru mulai nyetel dengan Andrea Pirlo, Bianconeri kemudian mendepaknya dan mendatangkan Allegri sebagai pengganti.

Di bawah Allegri, Arthur hanya turun 11 kali sebagai starter di Serie A musim lalu. Seiring waktu, ia dinilai menjadi surplus dalam tim, terutama setelah Juventus mendatangkan Paul Pogba dan Leandro Paredes.

Di pengujung bursa transfer, hadirlah Liverpool 'menyelamatkan' Arthur. Manajer Juergen Klopp memang butuh gelandang tambahan di tengah banyaknya pemain yang cedera, yang akhirnya mengganggu performa The Reds di awal musim ini.

Sekilas, perekrutan Arthur tampak seperti langkah panik, mengingat ia baru didekati pada 31 Agustus malam dan diresmikan esok harinya. Apalagi Liverpool sebelumnya dikaitkan dengan Jude Bellingham.

Namun Daniele Adani tampak berpendapat lain. Eks pemain Fiorentina dan Inter Milan yang kini menjadi komentator itu menilai Klopp tak akan asal-asalan dalam mendatangkan pemain baru, terlebih dengan reputasi yang ia bangun di Liverpool.

Jika Arthur sampai diboyong ke Anfield, itu artinya Klopp percaya dengan kemampuannya. Secara tak langsung, Adani menyindir Allegri yang gagal mengeluarkan kemampuan terbaik pemain 26 tahun itu.

"Arthur diberitakan sejelek itu sampai akhirnya dia bergabung dengan Liverpool. Jadi, setelah mengatakan Arthur itu jelek, maka kita harus bilang hal yang sama untuk Klopp... Kasihan betul dunia sepakbola," ujar Adani, dikutip Football Italia.

Klopp sendiri menyanjung Arthur seusai Liverpool meresmikan sang pemain. Ia bisa menjadi tambahan berharga di lini tengah, khususnya dalam menjalani musim kompetisi yang ketat.

"Saya sangat senang dengan transfer ini. Apa yang bisa dia berikan? Dia pemain yang sangat bagus. Sudah memiliki karier yang sangat menarik dan masih muda pula. Dia memasuki masa-masa terbaik untuk seorang pesepakbola," ujar Klopp soal Arthur.

"Dia bisa mengatur ritme, pengumpan yang sangat bagus, bisa bermain cepat dengan bola, jago dalam penguasaan bola, sangat bagus di area sempit. Saya sangat menyukainya," jelas pelatih asal Jerman itu.

Saksikan Juga Video Viral: Usia 70 Tahun Bisa Angkat Beban Lebih Dari 100 Kg

(adp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT