Krisis Kiper, Newcastle United Gaet Loris Karius

ADVERTISEMENT

Krisis Kiper, Newcastle United Gaet Loris Karius

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 13 Sep 2022 07:20 WIB
NEWCASTLE UPON TYNE, ENGLAND - SEPTEMBER 08: Loris Karius poses for photographs after signing for Newcastle United at the Newcastle Training Centre on September 08, 2022 in Newcastle upon Tyne, England. (Photo by Serena Taylor/Newcastle United via Getty Images)
Loris Karius gabung Newcastle United sampai Januari 2023 (Newcastle United via Getty Image/Serena Taylor)
Newcastle upon Tyne -

Krisis kiper membuat Newcastle United merekrut Loris Karius. Mantan pemain Liverpool itu dikontrak jangka pendek.

Newcastle cuma punya dua kiper senior yakni Nick Pope dan Karl Darlow, setelah melepas Martin Dubravka ke Manchester United. Sial bagi The Magpies, Darlow mengalami cedera engkel di sesi latihan beberapa hari lalu.

Cedera itu tergolong parah sehingga Darlow harus menepi setidaknya sampai awal tahun depan. Alhasil, hanya Pope yang tergolong kiper senior dan tak mungkin terus menerus dimainkan.

Sementara pelapisnya adalah Mark Gillespie yang tidak punya pengalaman di Liga Inggris. Newcastle yang mengincar posisi zona Eropa musim ini tentu tak ingin badai cedera itu mengganggu misi mereka.

Oleh karenanya, manajemen pun memutuskan mencari kiper pelapis Pope sementara waktu, sambil menunggu Darlow pulih. Newcastle akhirnya menjatuhkan pilihan ke Karius.

Pria asal Jerman itu dikontrak sampai Januari 2023, dengan opsi perpanjangan enam bulan andaikan performanya memuaskan.

"Saya sangat senang. Ini adalah kesempatan bagus untuk saya untuk menjadi bagian dari proyek hebat ini. Saya tidak butuh waktu lama untuk membuat keputusan," ujar Karius di situs resmi klub, Senin (12/9/2022) malam WIB.

Karius saat ini berstatus bebas transfer setelah dilepas Liverpool musim panas lalu. Sejatinya Karius adalah kiper utama Liverpool sedari Januari 2017 hingga akhir musim 2017/2018.

Dua blunder di final Liga Champions kontra Real Madrid empat tahun lalu membuat kariernya di Liverpool selesai. Karius setelah itu dipinjamkan ke Besiktas dan Union Berlin.

Musim lalu, Karius sama sekali tak bermain setelah dikembalikan ke Liverpool oleh Union Berlin.

"Newcastle punya manajer hebat dan bermain sepakbola indah. Saya merasa ini proyek tepat untuk saya dan saya tidak sabar bekerja bareng pelatih serta rekan-rekan setim yang baru," Loris Karius menambahkan.

(mrp/adp)

ADVERTISEMENT