Potter ke Chelsea, Brighton Resmi Tunjuk De Zerbi Sebagai Pengganti

ADVERTISEMENT

Potter ke Chelsea, Brighton Resmi Tunjuk De Zerbi Sebagai Pengganti

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 19 Sep 2022 08:20 WIB
ANTALYA, TURKIYE - APRIL 25: Head Coach of Shakhtar Donetsk Roberto De Zerbi gestures before the friendly match between Fraport TAV Antalyaspor and Shakhtar Donetsk at the Antalya Stadium in Antalya, Turkiye on April 25, 2022. (Photo by Mustafa Ciftci/Anadolu Agency via Getty Images)
De Zerbi resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Brighton. Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Brighton -

Brighton & Hove Albion sudah menemukan pengganti Graham Potter. Dia adalah pelatih asal Italia, Roberto De Zerbi.

Kedatangan De Zerbi secara resmi diumumkan Brighton pada Senin (19/9) dini hari WIB. Juru taktik 43 tahun itu akan dikontrak selama 4 tahun, menunggu turunnya izin kerja di Inggris.

De Zerbi telah tiba di Brighton sejak Jumat lalu, kemudian menonton laga persahabatan yang dimainkan pada Minggu kemarin. Ia juga telah bertemu direksi klub pada awal pekan ini.

"Saya sangat senang Roberto telah setuju untuk menjadi pelatih kami. Tim yang ditangani Roberto memainkan sepakbola yang menarik dan berani, dan saya yakin gaya dan pendekatan taktisnya akan sangat cocok dengan skuad kami," ujar Chairman Brighton, Tony Bloom.

De Zerbi memang menjadi salah satu pelatih muda potensial di Italia. Selama tiga musim melatih Sassuolo, ia berhasil mendongkrak Neroverdi konsisten di papan tengah Serie A dengan skuad yang relatif biasa-biasa saja.

Sepak terjangnya di Shakhtar Donetsk juga bagus, di mana ia berhasil mengantar The Miners duduk di puncak klasemen musim lalu sebelum Liga Ukraina dihentikan karena adanya invasi Rusia. Ia juga sempat digosipkan didekati Juventus untuk menggantikan Massimiliano Allegri.

Perkenalan resmi De Zerbi kepada publik baru akan dilakukan pada Selasa (20/9) besok karena hari ini ada prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Ia berpeluang menjalani debut saat Brighton menghadapi Liverpool pada 1 Oktober mendatang.

Brighton memulai Liga Inggris musim ini dengan baik, menempati posisi empat klasemen sementara Liga Inggris dengan 13 poin dari enam laga. Potter kemudian dibajak oleh Chelsea, dan kini De Zerbi bertugas melanjutkan tren bagus itu.

(adp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT