ADVERTISEMENT

Conte Bikin Eric Dier Dipanggil Timnas Inggris Lagi

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 21 Sep 2022 17:00 WIB
Jakarta -

Eric Dier kembali dipanggil Timnas Inggris setelah ditepikan hampir dua tahun. Menurutnya, hal itu tak lepas dari performanya bersama Tottenham Hotspur di bawah asuhan Antonio Conte.

Dier terakhir kali tampil mengenakan seragam The Three Lions pada November 2020, tepatnya saat Inggris mengalahkan Islandia 4-0. Performa jeblok Tottenham saat itu membuatnya tak dilirik Gareth Southgate untuk dibawa ke Euro 2020.

Saat Conte masuk, penampilan Tottenham membaik. Harry Kane dkk berhasil finis empat besar musim lalu dan kembali ke Liga Champions usai absen dua tahun. Di Liga Inggris musim ini, Spurs juga belum terkalahkan dan ada di posisi tiga besar klasemen.

Hal itu turut berpengaruh pada nasib Dier, yang sejak musim lalu menjadi bek tengah andalan Conte. Musim ini, ia selalu menjadi starter dalam 9 laga yang sudah dimainkan The Lilywhites. Southgate pun kembali meliriknya.

Ia diikutsertakan dalam laga UEFA Nations League menghadapi Jerman dan Italia bulan ini. Meski tak ada jaminan akan dibawa ke Piala Dunia 2022 pada November mendatang, namun pemanggilan ini menjadi sinyal bagus bahwa ia kembali diperhitungkan.

"Saya tak mau terdengar diistimewakan, tapi Antonio telah banyak membantu saya dalam banyak aspek," ujar Dier, dikutip Daily Mail.

"Dia memiliki pengaruh yang besar terhadap saya. Baik secara taktik, fisik, atau mental. Seluruh pendekatan saya. Sebelumnya, saya tak pernah belajar sebanyak itu soal sepakbola, dan sekarang saya amat menikmatinya."

"Dia seperti bapak baptis dalam sistem yang ia jalankan, jadi saya merasa terus menerus belajar dan berkembang di dalamnya. Mungkin dia sedikit mengembalikan kepercayaan diri saya juga," jelas Dier.

(adp/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT