ADVERTISEMENT

Van Dijk Kena Mental Juga akibat Performanya Awal Musim Ini

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Sabtu, 24 Sep 2022 07:20 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - SEPTEMBER 13: Virgil van Dijk of Liverpool FC Looks on during the UEFA Champions League group A match between Liverpool FC and AFC Ajax at Anfield on September 13, 2022 in Liverpool, United Kingdom. (Photo by Michael Bulder/NESImages/DeFodi Images via Getty Images)
Virgil van Dijk disorot performanya awal musim ini. (Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images)
Jakarta -

Performa Virgil van Dijk bersama Liverpool awal musim ini disorot. Bek 31 tahun itu mengakui kritik yang mengarah kepadanya jadi ujian mental yang tak mudah.

Performa Van Dijk dalam sorotan seiring penampilan angin-anginan Liverpool awal musim ini. Salah satu hal yang paling dikecam adalah kerapnya Van Dijk 'mematung' alih-alih bergegas menutup ruang tembak lawan, seperti yang terjadi pada gol Jadon Sancho dan Mohamed Kudus.

Ia juga sudah mengakibatkan dua penalti untuk lawan musim ini. Liverpool sendiri sudah kemasukan 12 gol dari sembilan pertandingan, menunjukkan betapa pertahanan mereka payah di awal musim ini.

Performa yang turun dan kritik yang menghujani menjadi tantangan besar buat Van Dijk. Tapi ia juga paham situasi ini wajar dialaminya di klub sebesar Liverpool.

"Saya tahu kok saya seharusnya bisa lebih baik di awal musim ini. Saya enggak naif. Saya sangat paham ketika saya membuat kesalahan-kesalahan," kata Van Dijk dikutip Liverpool Echo.

"Saya juga tahu kalau saya salah satu pemain penting di klub dan juga di tim nasional. Saya merasakan tanggung jawab itu. Secara mental, itu adalah sebuah tantangan."

"Anda merasakan banyak tekanan di kepala. Banyak orang lupa soal itu juga, enggak mudah lo menghadapinya."

"Kami semua berusaha menunjukkan yang terbaik dan jika, dalam kasus saya, Anda adalah salah satu andalan di klub, maka Anda mendapatkan kritik yang pantas didapatkan. Anda mesti menghadapinya dan itu tidak selalu mudah. Tapi saya melakukannya dengan baik," pungkas bek 31 tahun tersebut.

(raw/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT