Orang Terkaya Inggris Ini Siap Beli MU

ADVERTISEMENT

Orang Terkaya Inggris Ini Siap Beli MU

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 18 Jan 2023 06:00 WIB
attitIneos Chairman Jim Ratcliffe reacts during a media event to reveal the new livery for Mercedes AMG Petronas F1 Teams race car the for the upcoming 2020 season, at the Royal Automobile Club in London on February 10, 2020. - Mercedes Formula 1 boss Toto Wolff said on Monday that his teams tie-up with Lewis Hamilton is the
Sir Jim Ratcliffe siap membeli Manchester United (AFP via Getty Images/TOLGA AKMEN)
London -

Orang terkaya Inggris Sir Jim Ratcliffe tahu Manchester United lagi dijual. Oleh karenanya, Ratcliffe siap membeli klub idolanya tersebut.

Sejak akhir November kemarin, Manchester United resmi dijual oleh pemiliknya, keluarga Glazer. Keluarga konglomerat asal AS ini sudah memiliki MU sejak tahun 2005.

Ketika itu, keluarga Glazer membeli MU seharga 970 juta Pounds untuk menguasai 90 persen sahamnya. Kini Glazer benar-benar akan melepas MU.

Sebab keluarga Glazer sudah terbang ke Timur Tengah saat Piala Dunia 2022 lalu, untuk menawarkan MU ke sejumlah pengusaha Qatar, UEA, dan Arab Saudi.

Meski demikian, belum ada kejelasan soal minat para Sultan tersebut untuk membeli MU. Kini muncul lagi satu nama yang sudah mengungkapkan keinginannya mengambil MU dari Glazer.

Dia adalah Sir Jim Ratcliffe, pengusaha Inggris yang memiliki perusahaan kimia terbesar keempat di dunia, INEOS. Ratcliffe sudah pasti ingin membeli MU karena dia adalah fans klub tersebut sejak kecil.

Namun, peluang untuk mengakuisisi MU belum pernah muncul hingga akhirnya kesempatan itu datang. Oleh karenanya, Ratcliffe tak membuang waktu membuka penawaran bagi keluarga Glazer.

"Kami secara resmi sudah ikut dalam proses pengambilalihan klub," ujar juru bicara INEOS seperti dikutip BBC Sport.

Ratcliffe sejatinya sempat menawar Chelsea 4,25 miliar paun tahun lalu, namun ditolak. Dia juga dikaitkan dengan Liverpool November lalu namun dibantah keras.

Jim Ratcliffe yang hobi bersepeda, lari, dan ski itu bukan nama baru di dunia olahraga Eropa. Sebab dia juga punya dua klub sepakbola, Nice dari Prancis dan Laussane-Sport dari Swiss. Ia juga punya tim balap sepeda yang berkompetisi di tur dunia UCI, Ineos Grenadiers, selain menjadi sponsor untuk tim Formula 1 Mercedes.

Akankah MU berhasil diakuisisi oleh INEOS? Kita tunggu saja.

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT