DetikSepakbola
Sabtu 09 Desember 2017, 14:15 WIB

Angka-angka di Balik Derby d'Italia

Kris Fathoni W - detikSport
Angka-angka di Balik Derby dItalia Derby d'Italia di Turin bulan Februari lalu (Foto: REUTERS/Giorgio Perottino)
Jakarta - Serie A pekan ini dipanaskan dengan duel Juventus versus Inter Milan. Ada sejumlah catatan angka menarik mengenai Derby d'Italia tersebut.

Bianconeri akan bertindak sebagai tuan rumah dalam pertandingan giornata 15 Serie A di Allianz Stadium, Minggu (10/12/2017) dini hari WIB. Nerazzurri datang melawat sebagai tim tamu.

Di bawah arahan pelatih Luciano Spalletti, Inter sukses memperlihatkan performa oke secara khusus dalam menempati posisi teratas papan klasemen sementara.

Sementara itu Juventus-nya Massimiliano Allegri sedikit tertatih dalam usaha melanjutkan dominasinya di Serie A, kendatipun tetap mampu menempati peringkat tiga klasemen dengan selisih dua angka saja dari Inter.

Berikut angka-angka mengenai Derby d'Italia seperti dirangkum Omnisport dari data Opta:

- Duel kali ini menjadi kali ke-169 Juve dan Inter berhadapan. Juve sementara memiliki keunggulan dengan 80 kemenangan atas rivalnya tersebut.

- Di kandang sendiri, Juve lebih dominan lagi dengan 58 kemenangan dalam 84 partai liga.

- Kemenangan terakhir Inter di Turin terjadi pada November 2012 ketika dua gol Diego Milito dan gol Rodrigo Palacio memastikan kemenangan 3-1.

- Inter cuma dua kali mencetak gol dalam empat lawatan terakhir ke markas Juve, lewat Rolando dan Mauro Icardi. Dalam skuat Inter sekarang, Icardi menjadi pemain tersuburnya lawan Juve dengan empat gol.

- Dari lima pencetak gol terakhir Juve lawan Inter, cuma Juan Cuadrado yang masih ada di skuat Massimiliano Allegri. Empat lainnya, Leonardo Bonucci, Alvaro Morata, Carlos Tevez, dan Arturo Vidal, sudah hijrah.

- Omar Enrique Sivori adalah top skorer di Derby d'Italia untuk Juve dengan 12 gol, lebih banyak dua dari Alessandro Del Piero, dengan Benito Lorenzi dan Giuseppe Meazza (delapan) menjadi top skorer Inter.

- Kemenangan dengan skor terbesar dalam Derby d'Italia terjadi pada Juni 1961 ketika Juventus melumat Inter 9-1.

- Semenjak 1994-1995, ada 21 pemain yang tercatat pernah membela kedua klub, termasuk Fabio Cannavaro, Andrea Pirlo, Roberto Baggio, dan Zlatan Ibrahimovic.

- Spalletti dan Allegri sudah berhadapan lima kali, masing-masing meraih dua kemenangan. Head to head terakhir mereka terjadi pada bulan Mei ketika AS Roma yang ditangani Spalletti menang 3-1 di Olimpico.

- Itu menjadi kemenangan pertama Spalletti atas Juventus, mengakhiri rentetan 20 pertandingan tanpa kemenangan lawan Bianconeri dalam karier melatihnya.

- Catatan Allegri lawan Inter sedikit lebih baik dengan enam kemenangan dalam 17 pertemuan, tiga di antaranya terjadi dalam Derby d'Italia.


(krs/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed