sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 10:48 WIB

8 Pelatih yang Pernah Membesut AC Milan dan Inter Milan

Doni Wahyudi - detikSport
Halaman 1 dari 2
Stefano Piolo saat melatih Inter Milan (Getty Images/Emilio Andreoli) Stefano Piolo saat melatih Inter Milan (Getty Images/Emilio Andreoli)
Jakarta - Pernah dipecat Inter Milan, Stefano Pioli kemarin resmi dikontrak AC Milan. Sebelum Pioli ada beberapa pelatih yang pernah membesut Rossoneri dan Nerazzurri.

Dikutip dari Sportstar, sepanjang sejarah ada delapan pelatih yang pernah menukangi Inter Milan dan AC Milan. Berikut ini daftarnya:

- Jozsef Viola
Inilah pelatih pertama yang merasakan melatih Inter dan Milan. Adalah Inter Milan (yang ketika itu masih bernama Societa Sportiva Ambrosiana) yang pertama mengontraknya pada musim 1928-1929.

Pria asal Hongaria itu kemudian menjadi juru taktik Milan pada 1933/1934 dan 1939/1940. Jozsef Viola, yang sempat memperkuat Juventus sebagai pemain, pernah juga melatih Atalanta.

- Giuseppe Bigogno
Melatih AC Milan mulai 1946, Giuseppe Bigogno mengantar Rossoneri finis sebagai runner up 1947-1948. Dia meninggakan Milan semusim berselang.

Sempat menukangi Torino, Lazio, dan Udinese, Bigogno datang ke Inter Milan pada 1958 Tapi dia hanya bertahan setengah musim bersama Nerazzurri.



- Luigi Radice
Luigi Radice duduk di kursi pelatih AC Milan pada tahun 1981. Mantan pemain Milan itu tak bertahan sampai semusim, posisinya lantas digantikan Italo Galbiati. Milan menjalani musim yang kelam ketika itu dan pada akhirnya terdegradasi.

Di 1984 Radice dapat kesempatan melatih Inter. Cuma semusim di sana, dia mengantar Nerazzurri finis di posisi empat Liga Italia.

- Ilario Castagner
Milan berhasil promosi kembali ke Serie A bersama Ilario Castagner di musim 1982/1983 dengan menjuarai Serie B. Tapi dia kemudian dipecat pada Maret 1984.

Tak lama menganggur, Castagner langsung dikontrak Inter. Capaiannya tak bisa dibilang buruk, dia mengantar La Beneamata finis ketiga di Serie A, maju ke semifinal Piala UEFA dan Coppa Italia. Ilario Castagner juga tak bertahan lama di Inter karena dia dipecat pada November 1985.


Lanjut ke Halaman Berikutnya: 1990-an sampai Sekarang

(din/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com