sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 13 Mar 2020 15:20 WIB

3 Opsi yang Bisa Diambil Liga Italia Jika Serie A Tak Lanjut

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
ROME, ITALY - NOVEMBER 02:  A detail of the new Serie A ball HI- VIS before the Serie A match between AS Roma and SSC Napoli at Stadio Olimpico on November 2, 2019 in Rome, Italy.  (Photo by Paolo Bruno/Getty Images) Liga Italia bisa saja tidak dilanjutkan karena virus corona (Foto: Paolo Bruno/Getty Images)
Jakarta -

Dengan kondisi Italia yang memburuk karena virus Corona, Serie A bisa saja tidak dilanjutkan. Federasi Sepakbola Italia (FIGC) kabarnya mempertimbangkan tiga opsi.

Italia jadi negara di luar China yang terdampak paling parah oleh virus corona. Sudah ada 15.113 kasus di Italia dengan angka kematian mencapai 1.016 orang.

Virus corona bahkan menjangkiti pemain Liga Italia. Sejauh ini, sudah ada dua pemain klub Serie A yang positif virus corona yakni Daniele Rugani (Juventus) dan Manolo Gabbiadiini (Sampdoria).

Liga Italia sendiri, dan seluruh pertandingan olahraga, tengah dihentikan setidaknya sampai 3 April. FIGC pun kabarnya sedang mengevaluasi tiga skenario jika kompetisi benar-benar tidak bisa dilanjutkan. Apa saja?


1. Serie A dibatalkan

Opsi pertama adalah dengan menyatakan tidak ada juara di Serie A 2019/2020. Sebelumnya ini pernah terjadi pada 2004/2005 ketika Juventus kehilangan gelar scudetto karena skandal yang melibatkan Luciano Moggi.

Meski demikian, tim-tim yang akan lolos ke kompetisi Eropa musim depan akan ditentukan posisi di klasemen saat ini. Itu berarti Juventus, Lazio, Inter Milan, dan Atalanta akan ke Liga Champioins. Sedangkan AS Roma dan Napoli akan main di Liga Europa.

Opsi ini juga berarti tidak ada degradasi. Tiga tim yang saat ini ada di zona merah --Brescia, SPAL, dan Lecce-- akan tetap di Serie A.

2. Juventus dinyatakan sebagai juara

Opsi kedua adalah mengakhiri musim di titik ini. Itu berarti Juventus dinyatakan sebagai juara dan tim-tim yang lolos ke kompetisi Eropa sama dengan opsi pertama.

Sementara itu, tiga tim yang ada di zona degradasi akan turun ke Serie B. Sedangkan tiga tim yang ada di tiga posisi teratas klasemen Serie B akan promosi ke Serie A.

3. Play-off

Pilihan ketiga adalah menggelar play-off jika kondisi sudah membaik. Akan ada dua play-off yang digelar yakni untuk menentukan juara dan degradasi. Sementara tim-tim yang ada di papan tengah klasemen tidak akan terpengaruh.

Juventus saat ini memimpin klasemen Liga Italia dengan 63 poin dari 26 laga, disusul oleh Lazio dengan selisih satu poin. Posisi ketiga ditempati Inter dengan 54 poin dari 25 laga.

Di zona degradasi, Brescia jadi juru kunci dengan 16 poin dari 26 pertandingan. SPAL ada di urutan ke-19 dengan 18 poin, sementara Lecce did posisi ke-18 dengan 25 poin.



Simak Video "Liga Italia: AS Roma Menang Telak 5-2 Atas Benevento"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com