sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Mar 2020 08:45 WIB

Serie A Bergulir Lagi di Bulan Mei?

Adhi Prasetya - detikSport
BENEVENTO, ITALY - MARCH 04:  A general view of Stadio Ciro Vigorito after the Serie A match between Benevento Calcio and Hellas Verona FC was cancelled following the news of Davide Astoris death, at Stadio Ciro Vigorito on March 4, 2018 in Benevento, Italy.  (Photo by Maurizio Lagana/Getty Images) Serie A kemungkinan akan kemblai diliburkan hingga Mei atau Juni. Foto: Maurizio Lagana/Getty Images
Jakarta -

Liga Italia diliburkan sampai 3 April mendatang karena wabah virus corona. Namun penundaan kompetisi diprediksi akan berlangsung lebih lama.

Saat ini, Italia tengah menjalani lockdown, menyusul meningkatnya jumlah kasus virus corona di negeri pizza tersebut. Hingga Minggu (15/3/2020), sudah lebih dari 24 ribu orang terpapar, lebih dari 1800 di antaranya meninggal dunia.

Virus corona juga telah menjangkiti para jajaran pemain dan staf klub, mulai dari Serie C hingga Serie A.

Khusus di Serie A saja, sejauh ini sudah ada 11 pemain yang positif terinfeksi, termasuk di antaranya pemain Timnas Italia seperti Daniele Rugani, Manolo Gabbiadini, dan Patrick Cutrone.

Liga Italia pun dihentikan, setidaknya sampai awal April. Namun Presiden Asosiasi Pemain di Italia, Damiano Tommasi, mengatakan para pemain mungkin akan 'libur' 1-2 bulan lebih lama.

"Sudah jelas tak mungkin kompetisi kembali bergulir di awal April," ujar Tommasi, dikutip Football Italia.

"Jika semua berjalan lancar, kami bisa melanjutkannya pada Mei atau Juni. Bicara sepakbola, orang akan mengira kami hanya berpikir tentang keselamatan pemain, tapi masih banyak orang dibalik sebuah tim."

"Tim yang pertama kali terkena virus corona adalah Pianese di Serie C, kitman mereka kini masih dirawat intensif. Di Juventus, lebih dari 100 orang sedang dikarantina," sambungnya.

Tommasi pun mendukung rencana federasi sepakbola Italia (FIGC) yang ingin meminta agar Piala Eropa 2020 diundur. Dengan demikian, liga-liga di Eropa bisa dituntaskan lebih dulu.

"Sejujurnya saya ragu Piala Eropa bisa dimainkan (tepat waktu), terutama jika melihat formula yang dipakai, 24 tim bermain di 12 negara berbeda. Bermain di stadion yang penuh tampaknya mustahil dalam kondisi ini," tandas eks gelandang AS Roma tersebut.

Serie A Bergulir Lagi di Bulan Mei?


Simak Video "Comeback, Napoli Sukses Bungkam Benevento 2-1"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com