sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 11 Apr 2020 18:00 WIB

Metamorfosis Cristiano Ronaldo

Yanu Arifin - detikSport
Juventus Cristiano Ronaldo celebrates after scoring during an Italian Serie A soccer match between Juventus and Cagliari at the Allianz Stadium in Turin, Italy, Monday, Jan. 6, 2020. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP) Cristiano Ronaldo dinilai berkembang sudah sejak usia belia. (Foto: Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Manchester -

Cristiano Ronaldo adalah salah satu pesepakbola terbaik saat ini. Pemain yang kini berseragam Juventus itu dinilai berkembang sejak masih belia.

Ronaldo, yang mengawali kariernya di Sporting Lisbon, diboyong Manchester United pada 2003. Bersama Setan Merah, pemain Portugal itu betul-betul dilatih agar bisa bermain lebih baik.

Hal itu diungkap Mike Phelan, eks asisten Sir Alex Ferguson--manajer yang membawa Ronaldo ke MU. Ia mengakui bahwa Ronaldo pemain yang cukup individualis, namun The Red Devils bisa mengubahnya.

"Dia dengan cepat menonjol, dia seperti spons. Dia selalu menginginkan lebih dan dia menantang anda," kata Phelan, dalam The Coaching Manual, seperti dilansir Marca.

"Kami harus mencoba menjadikan Cristiano pemain tim, dan kami berhasil. Ada beberapa hal yang tidak dia sukai dalam latihan, namun kami memaksanya," jelasnya.

Alhasil, Ronaldo bersinar di MU. Ia membuat 118 gol dari 292 laga, dan mempersembahkan tiga gelar Premier League, satu Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub, dua Piala Liga Inggris, dan satu Piala FA. Penampilan itu membuatnya menyabet gelar Ballon d'Or pertamanya pada 2008.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com