sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 10 Agu 2020 02:10 WIB

Juventus: Pochettino dan Zidane Kemahalan, Pirlo Lebih Murah

Mohammad Resha Pratama - detikSport
ROME, ITALY - OCTOBER 09: Matt Wallace of England pictured with Ex-Italian footballer Andrea Pirlo during a Practice round ahead of the Italian Open at Olgiata Golf Club on October 09, 2019 in Rome, Italy. (Photo by Matthew Lewis/Getty Images) Andrea Pirlo bergaji lebih murah ketimbang Zidane dan Pochettini (Getty Images/Matthew Lewis)
FOKUS BERITA Pirlo Latih Juventus
Turin -

Juventus sebenarnya bisa saja merekrut Mauricio Pochettino atau Zinedine Zidane yang berpengalaman. Tapi, Andrea Pirlo lebih ekonomis untuk Bianconeri.

Maurizio Sarri kehilangan pekerjaannya di Juventus setelah gagal di Liga Champions. Mantan pelatih Napoli dan Chelsea itu sejatinya berhasil mengantarkan Bianconeri mengalahkan Lyon 2-1 di leg kedua 16 besar Liga Champions, tapi kalah agregat gol tandang 2-2.

Gelar Serie A saja tidak cukup untuk membuat Sarri bertahan di Turin karena Juventus menginginkan trofi Liga Champions. Apalagi Juventus juga gagal meraih trofi Piala Super Italia dan Coppa Italia.

Maka dari itu perubahan harus dilakukan dan Pirlo ditunjuk sebagai penggantinya. Pirlo memang mantan pemain Juventus dan disegani karena merupakan salah satu pesepakbola top Italia.

Tapi, melihat pengalaman melatihnya yang masih nol besar, penunjukkan Pirlo dipertanyakan. Apalagi Pirlo sebenarnya baru diangkat sebagai pelatih tim U-23 Juventus pekan lalu.

Padahal Juventus sebenarnya dirumorkan akan mendatangkan Pochettino atau Zidane sebagai calon penerus Sarri. Keduanya tentu lebih berpengalaman ketimbang Pirlo dan punya track record yang jelas.

Khususnya Zidane yang mampu memberikan tiga gelar Liga Champions untuk Real Madrid, lebih masuk akal untuk Juventus. Namun, pertimbangan ekonomi membuat Juventus harus memilih Pirlo ketimbang Zidane atau Pochettino.

Sebab Juventus saat memecat Sarri harus mengeluarkan 21 juta euro sebagai pesangon di sisa dua tahun masa kontrak. Melihat kondisi keuangan klub yang terganggu karena pandemi virus corona, Pirlo lebih masuk akal.

Pochettino meminta gaji sekitar 9 juta euro per musimnya, sementara Zidane sekitar 12 juta euro. Sementara itu, Pirlo cuma minta dibayar sekitar 8 juta euro per tahun. Jika berhasil meraih trofi maka gajinya bisa naik hingga 17-18 juta euro.

Gaji Andrea Pirlo lebih rendah 0,5 juta euro dari yang didapat Sarri. Bagaimana penampilan Pirlo nantinya? Kita tunggu saja..



Simak Video "Sah! Pirlo Akhirnya Dampingi Juventus di Pertandingan"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/nds)
FOKUS BERITA Pirlo Latih Juventus
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com