sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 15 Okt 2020 01:00 WIB

Putusan Juventus Vs Napoli: Il Partenopei Dinyatakan Kalah 0-3

Putra Rusdi K - detikSport
TURIN, ITALY - OCTOBER 04:  Gianluigi Buffon of Juventus looks on during the Serie A match between Juventus and SSC Napoli at  on October 4, 2020 in Turin, Italy.  (Photo by Valerio Pennicino/Getty Images) Napoli dinyatakan kalah 0-3 dari Juventus (Foto: Getty Images/Valerio Pennicino)
Turin -

Serie A memutuskan Napoli dinyatakan kalah 0-3 dari Juventus dan mendapat pengurangan satu poin. Ini imbas Il Partenopei memilih tak datang ke Allianz Stadium.

Pihak Serie A akhirnya memberi keputusan terkait laga Juventus vs Napoli. Duel ini seharusnya digelar di Allianz Stadium, Turin, Senin (5/10/2020) dini hari WIB.

Namun, pertandingan urung dilangsungkan karena Napoli tak datang ke Turin. Il Partenopei mengaku dilarang Otoritas Kesehatan Setempat (ASL) meninggalkan kota Naples setelah dua pemainnya Piotr Zielinski dan Eljif Elmas positif COVID-19.

Dikutip dari Football Italia, Komisi Disiplin Serie A menilai hal tersebut bukanlah sebuah alasan yang kuat bagi Napoli untuk tak hadir di markas Juventus. Mereka menganggap larangan ASL tak menjadikan pasukan Gennaro Gattuso berada dalam posisi 'force majeure'.

Maka dari itu, Komisi Disiplin Serie A memutuskan bahwa Napoli dinyatakan kalah 0-3 dari Juventus. Pasukan Gennaro Gattuso juga mendapat pengurangan satu poin karena tak datang ke Allianz Stadium.

Keputusan Komisi Disiplin Serie A ini mengacu pada protokol COVID-19 Serie A yang sudah disetujui oleh semua klub dan UEFA. Dalam protokol tersebut menyebut bahwa selama sebuah tim memiliki 13 pemain dengan satu di antaranya penjaga gawang laga tetap akan dilaksanakan.

Jika ada tim yang enggan untuk melangsungkan pertandingan mereka dinyatakan kalah Walk Out (WO). Pengurangan satu poin juga akan diberikan untuk klub yang menyebabkan pertandingan gagal digelar.

Komisi Disiplin hanya berpatokan pada aturan ini. Mereka menegaskan tak punya kewenangan untuk menimbang lebih lanjut soal alasan Napoli tak datang ke kandang Juventus.

Napoli yang jelas sangat dirugikan oleh keputusan tersebut kini dianjurkan untuk melakukan banding.

(pur/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com