sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 14 Nov 2020 00:01 WIB

Lazio Terancam Hukuman Pengurangan Poin di Serie A, Ini Sebabnya

Adhi Prasetya - detikSport
ROME, ITALY - NOVEMBER 08: Felipe Caicedo of SS Lazio celebrates scoring the first goal during the Serie A match between SS Lazio and Juventus at Stadio Olimpico on November 08, 2020 in Rome, Italy. (Photo by Marco Rosi - SS Lazio/Getty Images) Lazio terancam terkena pengurangan 1 sampai 3 poin. Foto: Getty Images/Marco Rosi - SS Lazio
Roma -

Lazio terancam pengurangan poin di Liga Italia. Hal ini berkaitan dengan dugaan kesalahan hasil tes COVID-19 para pemain skuad Elang Ibu Kota itu.

Diberitakan sejumlah media dan dirangkum Football Italia, masalah ini berawal dari perbedaan hasil yang dikeluarkan dua laboratorium yang memeriksa tes usap (swab test) para pemain Lazio.

Hasil di lab Futura Diagnostica di Avellino menyatakan semua pemain Lazio dinyatakan negatif virus Corona, namun tidak demikian dengan hasil pemeriksaan di SynLab (rujukan UEFA) and Campus Biomedico yang berada di Roma.

Campus Biomedico dan SynLab mengeluarkan hasil bahwa Ciro Immobile, Lucas Leiva, dan Thomas Strakosha dinyatakan positif COVID-19. Mereka bertiga akhirnya absen saat Lazio bermain imbang 1-1 melawan Juventus pada Minggu (8/11/2020) lalu.

Perbedaan hasil ini pun mendapat perhatian dari Federasi Sepakbola Italia (FIGC), yang langsung menggelar investigasi. Bahkan polisi juga menyelidiki lab di Avelino yang mengeluarkan hasil tes negatif bagi para pemain Lazio.

Pihak Lazio lewat pengacara mereka, Gian Michele Gentile, sudah memberikan klarifikasi kepada FIGC. Kepala medis Lazio Ivo Pulcini dilaporkan sudah diwawancarai oleh FIGC terkait masalah ini. Para pemain Lazio pun tak tertutup kemungkinan juga akan dimintai keterangan dalam beberapa hari ke depan.

Saat ini, Lazio dicurigai melakukan pemalsuan dokumen, secara lalai menyebarkan virus Corona, dan penipuan terkait hasil tes. Jika memang tak terbukti demikian, maka Lazio akan lolos dari hukuman.

Namun jika terbukti bersalah, ancaman pengurangan poin pun menghinggapi skuad besutan Simone Inzaghi tersebut. Saat ini, Lazio tengah menempati peringkat kesembilan klasemen sementara Liga Italia, dengan meraih 11 poin dari 7 laga.

(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com