Bologna Vs Roma: Giallorossi Pesta Gol 5-1

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Minggu, 13 Des 2020 23:16 WIB
BOLOGNA, ITALY - DECEMBER 13:  players of AS Roma celebrate after the first goal during the Serie A match between Bologna FC and AS Roma at Stadio Renato DallAra on December 13, 2020 in Bologna, Italy. (Photo by Mario Carlini / Iguana Press/Getty Images)
AS Roma menang telak 5-1 di markas Bologna dalam lanjutan Liga Italia (Foto: Getty Images/Mario Carlini / Iguana Press)
Bologna -

AS Roma memetik poin penuh dari lawatannya ke markas Bologna dalam lanjutan Liga Italia. Memborong lima gol di babak pertama, Roma menang 5-1 atas tuan rumah.

Dalam pertandingan Bologna vs Roma di Stadion Renato Dall'Ara, Minggu (13/12/2020) malam WIB, tim tamu sudah unggul tiga gol dalam kurun waktu 15 menit. Roma memimpin berkat gol bunuh diri Andrea Poli ditambah gol masing-masing dari Edin Dzeko dan Lorenzo Pellegrini.

Bologna sempat memperkecil ketertinggalan setelah Bryan Cristante mencetak gol bunuh diri pada menit ke-24. Namun, Roma kemudian bereaksi dengan mencetak dua gol lagi lewat Jordan Veretout dan Henrikh Mkhitaryan untuk memperlebar keunggulan.

Berkat kemenangan ini, Roma untuk sementara naik ke peringkat kelima klasemen Liga Italia dengan 21 poin dari 11 pertandingan. Sementara itu, Bologna ada di posisi ke-12 dengan 12 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Roma sudah memimpin saat pertandingan baru berjalan lima menit. Leonardo Spinazzola menusuk dari sisi kiri dan melepaskan umpank ke depan gawang. Bola mengenai Andrea Poli dan masuk ke gawang sendiri.

Hanya berjarak lima menit, Edin Dzeko menggandakan keunggulan Roma. Menerima umpan terobosan dari Lorenzo Pellegrini, Dzeko mengecoh Takehiro Tomiyasu sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kini untuk menjebol gawang Bologna.

Roma memegang penuh kendali permainan. Dzeko nyaris menambah gol, tapi tembakannya ditepis oleh Ravaglia.

Roma mencetak gol ketiganya di laga ini pada menit ke-15. Kali ini giliran Pellegrini yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia lolos dari jebakan offside saat menerima bila operan dari Spinazzola. Pellegrini pun dengan leluasa menggiring bola ke kotak penalti dan menuntaskannya jadi gol.

Spinazzola sempat menjebol gawang Bologna lewat tembakan dari sudut sempit. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit karena Spinazzola lebih dulu ada dalam posisi offside.

Dzeko menyia-nyiakan peluang untuk menambah keungggulan Roma. Berawal dari tendangan sudut, Dzeko yang berdiri bebas menanduk bola. Namu, bola memantul ke tanah dan melebar dari gawang.

Bologna memperkecil ketertinggalan di menit ke-24 lewat gol bunuh diri Bryan Cristante. Umpan Musa Barrow dari sisi kanan mengenai kaki Cristante dan bola masuk ke gawang Roma.

Roma lantas bereaksi dengan mencetak dua gol sebelum turun minum. Pada menit ke-35, Jordan Veretout mencetak gol setelah menuntaskan kerja sama apik yang dibangun pemain-pemain Roma. Roma membangun serangan dari sisi kiri yang diakhiri dengan umpan terobosan Henrikh Mkhitaryan kepada Veretout.

Pada menit ke-44, Mkhitaryan mencetak gol kelima Roma di laga ini. Serangan yang dibangun Roma dari belakang diakhiri dengan penetrasi Rick Karsdorp hingga ke kotak penalti. Dia kemudian menyodorkan bola kepada Mkhitaryan yang berdiri bebas di tengah kotak penalti.

Memasuki babak kedua, Bologna tancap gas meski tertinggal jauh dari Roma. Upaya mereka untuk mencetak gol sempat membuahkan hasil setelah tembakan Nico Dominguez membentur Cristante dan masuk ke gawang. Namun, gol tersebut dianulir karena Rodrigo Palacio dinilai dalam posisi offside sebelum memberi umpan kepada Dominguez.

Gol Roma juga dianulir oleh wasit beberapa saat kemudian. Pellegrini dianggap ada dalam posisi offside sebelum menjebol gawang Bologna dengan tendangan voli.

Roma nyaris mencetak gol keenamnya lewat Borja Mayoral yang baru dimasukkan di menit ke-81 utuk menggantikan Dzeko. Namun, tendangan Mayoral membentur tiang gawang.

Tak ada gol lagi yang tercipta di sisa waktu pertandingan. Roma menutup laga dengan kemenangan 5-1 atas Bologna.

Susunan Pemain

Bologna: Ravaglia; De Silvestri, Danilo, Tomiyasu, Mbaye (Paz 46); Svanberg (Dominguez 46), Poli (Medel 46); Vignato (Pagliuca 78), Soriano (Baldursson 69), Barrow; Palacio

Roma: Pau Lopez; Kumbulla (Smalling 67), Cristante, Ibanez; Karsdorp (Calafiori 91), Veretout (Perez 82), Villar (Diawara 90), Spinazzola; Pellegrini, Mkhitaryan; Dzeko (Mayoral 81)



Simak Video "AC Milan Tumbangkan AS Roma dengan 2-1"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/mrp)