sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Jan 2021 20:05 WIB

Inter Milan Mau Ganti Logo, Ini Reaksi Mantan Pemilik

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Inter Milans Nicolo Barella, right, celebrates after scoring his sides second goal during a Serie A soccer match between Inter Milan and Juventus at the San Siro stadium in Milan, Italy, Sunday, Jan. 17, 2021. (AP Photo/Luca Bruno) Inter Milan berencana mengganti logo dan nama klub (AP/Luca Bruno)
Milan -

Inter Milan berencana mengganti logo klub dalam waktu dekat ini. Massimo Moratti sebagai mantan presiden sekaligus pemilik Nerazzurri angkat bicara. Apa katanya?

Inter Milan biasa disebut oleh para pecinta sepakbola Italia punya nama lengkap 'Football Club Internazionale Milano' atau biasa disingkat FCIM. Terkadang juga biasa disebut Internazionale di Milano FC.

Nama ini sudah digunakan sejak klub itu pertama kali berdiri pada 1908 hingga saat ini. Nah, menyambut tahun yang baru ini, Inter juga ingin menyegarkan suasana klub.

Rencananya saat ulang tahun klub ke-103 pada 9 Maret mendatang, Inter akan mengumumkan logo serta nama klub baru. Meski pada prosesnya, isu soal nama baru klub dari Internazionale Milano menjadi Inter Milano dibantah keras oleh petinggi klub.

Yang benar adalah Inter memang ingin mengganti logo mereka saat ini, yang merupakan inisial FCIM' dalam sebuah perisai lingkaran akan diganti dengan huruf I dan M saja.

Nah, pergantian logo ini merupakan keputusan besar yang dilakukan Inter di era Suning Grourp, dan tentunya mengundang pro-kontra. Massimo Moratti sebagai anggota keluarga pendiri Inter punya pendapatnya sendiri.

Menurut pengakuan Moratti, dia dulu pernah ingin menghapus 'Milan' dari Inter Milan, karena itu begitu lekat dengan AC Milan. Sementara, Inter memang jadi nama panggung dari Internazionale.

MILAN, ITALY - NOVEMBER 09:  President of FC Inter Milan Massimo Moratti attends the Serie A match between FC Internazionale Milano and AS Livorno Calcio at San Siro Stadium on November 9, 2013 in Milan, Italy.  (Photo by Claudio Villa/Getty Images)Mantan Presiden sekaligus pemilik Inter Milan Massimo Moratti Foto: Getty Images/Claudio Villa

"Dulu di awal-awal kepemimpinan saya, kami pergi ke Austria untuk sebuah pertandingan resmi dan mereka menulis 'Inter Milan' di papan. Saya ingat saat itu langsung bicara ke direktur klub lawan kami dan meminta menghapus kata 'Milan', lalu mereka melakukannya," ujar Moratti di Football-Italia.

"Inter dikenal karena kami adalah Inter, jadi tidak perlu ditambah-tambah lagi," sambungnya.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com