sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Jan 2021 00:05 WIB

Ronaldo Belum Jadi Pencetak Gol Terbanyak di Dunia?

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
REGGIO NELLEMILIA, ITALY - JANUARY 20: Cristiano Ronaldo of Juventus scores their sides first goal during the Italian PS5 Supercup match between Juventus and SSC Napoli at Mapei Stadium - Citta del Tricolore on January 20, 2021 in Reggio nellEmilia, Italy. Sporting stadiums around Italy remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Claudio Villa/Getty Images) Cristiano Ronaldo diklaim belum lewati catatan gol Josef Bican. (Foto: Getty Images/Claudio Villa)
Jakarta -

Cristiano Ronaldo disebut sudah memecahkan rekor gol terbanyak di dunia usai mencetak gol ke gawang Napoli. Tapi Asosiasi Sepakbola Republik Ceko membantah itu.

Ronaldo membuat satu gol kala Juventus menang 2-0 atas Napoli di Piala Super Italia, Kamis (21/1/2021) dini hari WIB. Satu gol itu diyakini sudah menjadikan penyerang asal Portugal tersebut sebagai pemain tersubur di dunia dengan 760 gol dari 1.040 laga.

Ronaldo melewati catatan legenda Republik Ceko Josef Bican yang mengukir 759 gol, sesuai catatan penyedia statistik, Opta. Di belakang mereka ada Pele (757), Romario (743), dan Lionel Messi (719).

Tapi Asosiasi Sepakbola Rep Ceko menolak klaim tersebut, menyatakan bahwa Bican membukukan total 821 gol sepanjang kariernya. Itu artinya, Cristiano Ronaldo masih harus membuat 62 gol lagi untuk bisa menyandang status pemain tertajam di dunia.

"Komite sejarah dan statistik Ceko FA menghitung semua gol yang dicetak oleh pemain legendaris Josef Bican dan kami bisa menyatakan dia mencetak 821 gol di laga-laga resmi," ungkap pernyataan Asosiasi Sepakbola Rep Ceko.

Asosiasi Sepakbola Rep Ceko menyebut angka 821 gol adalah jumlah terakurat yang bisa dihitung.

"Gol-gol dari pertandingan di divisi pertama dan kedua, turnamen nasional, Kejuaraan Eropa Tengah, dan tim nasional dihitung. Sebaliknya, laga-laga persahabatan tidak dimasukkan ke statistik, kecuali tim nasional."

"Dapat dikatakan dengan sangat serius bahwa ini adalah angka yang sesuai dengan keadaan saat ini dari kemungkinan verifikasi semua data, jadi ini adalah angka yang paling akurat," demikian pernyataan lebih lanjut Asosiasi Republik Ceko.

Banner Papan Atas EPL

(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com