Roberto Mancini Akan Mundur dari Timnas Italia Seusai Piala Dunia 2022

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 03 Feb 2021 08:20 WIB
Italys coach Roberto Mancini waves prior to the Euro 2020 1st round Group J qualifying football match Italy v Armenia on November 18, 2019 at the Renzo-Barbera stadium in Palermo. (Photo by Andreas SOLARO / AFP)
Mancini tak akan melatih Italia seusai Piala Dunia 2022. Foto: AFP/ANDREAS SOLARO
Jakarta -

Pengumuman mengejutkan dibuat oleh Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini. Ia akan mundur dari jabatannya usai Piala Dunia 2022.

Keputusan itu diambil karena Mancini ingin melatih klub lagi. Sebelum menangani Italia, ia memang sudah malang melintang di berbagai klub, mulai dari Fiorentina, Lazio, Inter Milan, Manchester City, Galatasaray, dan Zenit St. Petersburg.

"Saya tak akan lagi melatih Timnas Italia seusai Piala Dunia 2022 di Qatar. Saya akan kembali melatih klub," kata Mancini, dikutip Football Italia.

Mancini masuk sebagai pelatih Gli Azzurri pada Mei 2018. Ia ditugaskan membawa Italia bangkit dari keterpurukan usai secara memalukan tak lolos Piala Dunia 2018.

Di tangan allenatore 56 tahun itu, regenerasi skuad pun dijalankan. Banyak pemain muda yang tampil menjadi andalan, seperti Federico Chiesa, Alessio Romagnoli, hingga Gianluigi Donnarumma.

Meski begitu, nama-nama senior macam Jorginho dan Ciro Immobile juga tetap dipanggil. Strategi bermain pun berubah. Gaya catenaccio mulai ditinggalkan, menjadi lebih menyerang.

Hasilnya, Timnas Italia berhasil lolos ke Piala Eropa pada Juni mendatang dengan status juara grup J, selalu meraih kemenangan dalam 10 laga kualifikasi. 37 gol dibuat, dan hanya kebobolan 4 kali.

Catatan positif itu berlanjut lagi di UEFA Nations League. Italia berhasil melaju ke semifinal menghadapi Spanyol, yang baru akan dimainkan pada Oktober 2021.

Soal siapa yang akan menggantikannya, Mancini tak ambil pusing. Siapapun bisa, namun ada tiga nama yang ia usulkan.

"Saya tak tahu (siapa pengganti saya), banyak pelatih yang bisa melakukannya. (Massimiliano) Allegri, (Carlo) Ancelotti, dan (Gian Piero) Gasperini misalnya, mereka bisa melatih Timnas Italia," sambung Mancini.

(adp/pur)