Juventus Vs Spezia: Bianconeri Menang 3-0

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 03 Mar 2021 05:00 WIB
Spezias Riccardo Marchizza, right, and Juventus Federico Chiesa battle for the ball during the Italian Serie A soccer match between Juventus and Spezia at the Allianz Stadium in Torino, Italy, Tuesday, March 2, 2021. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Juventus menang 3-0 atas Spezia dalam lanjutan Liga Italia (Foto: AP/Marco Alpozzi/LaPresse)
Turin -

Juventus memetik poin penuh kala menjamu Spezia dalam lanjutan Liga Italia. Bianconeri menang telak 3-0 untuk memantapkan posisinya di tiga besar klasemen.

Duel Juventus vs Spezia dalam lanjutan Liga Italia digelar di Allianz Stadium, Rabu (3/3/2021) dini hari WIB. Juventus menghadapi laga ini usai hasil mengecewakan 1-1 melawan Hellas Verona akhir pekan kemarin.

Setelah buntu pada babak pertama, Juventus memberondong gawang Spezia dengan tiga gol pada paruh kedua. Alvaro Morata memecah kebuntuan Juventus pada menit ke-62 sebelum digandakan oleh Federico Chiesa pada menit ke-71.

Cristiano Ronaldo kemudian memantapkan kemenangan Juventus lewat golnya pada menit ke-89. Spezia sempat mendapat penalti di injury time, tapi eksekusi Andrey Galabinov digagalkan oleh Wojciech Szczesny.

Dengan kemenangan ini, Juventus mantap di peringkat ketiga klasemen Liga Italia dengan 49 poin dari 24 pertandingan. Sementara Spezia ada di urutan ke-15 dengan 25 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Spezia mendapat peluang pada menit kedelapan menyusul sebuah serangan balik. Namun, sepakan Marchizza dari sudut sempit hanya mengenai sisi samping luar gawang Juventus.

Federico Chiesa sempat menjebol gawang Spezia dua menit kemudian usai menaklukkan kiper Spezia, Ivan Provedel, dalam situasi satu lawan satu. Gol tersebut dianulir wasit karena offside.

Tak banyak peluang yang tercipta di babak pertama. Spezia mampu meredam serangan Juventus.

Peluang terbaik untuk Juventus didapat pada menit ke-42. Ronaldo melakukan tusukan dari kiri dan melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Sial bagi Juventus, bola membentur tiang gawang.

Kesalahan lini belakang Spezia di awal babak kedua nyaris memberi peluang untuk Juventus. Weston McKennie yang memotong back pass buruk Provedel mencoba mengoper kepada Chiesa. Namun, bola lebih dulu diantisipasi oleh Terzi.

Peluang buat Ronaldo untuk mencetak gol pada menit ke-58. Dejan Kulusevski melepaskan umpan matang untuk Ronaldo, tapi pemain asal Portugal itu gagal memanfaatkan bola dengan sempurna.

Alvaro Morata sempat mencetak gol usai memanfaatkan umpan Bernardeschi. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena offside.

Morata akhirnya benar-benar bikin gol pada menit ke-62 sekaligus memecah kebuntuan Juventus. Dia memanfaatkan bola sodoran dari Bernardeschi. Meski gol sempat dianulir karena offside, tapi VAR menyatakan gol sah.

Chiesa kemudian menggandakan keunggulan Juventus pada menit ke-71. Dia memaksimalkan bola muntah setelah tembakannya sempat ditepis oleh Provedel.

Juventus mendapat tendangan bebas pada menit ke-77. Ronaldo yang jadi eksekutor mengarahkan tendangannya ke pojok atas gawang. Namun, Provedel masih bisa menepisnya.

Gol! Ronaldo menjebol gawang Spezia pada menit ke-89 untuk memantapkan keunggulan Juventus. Berawal dari serangan balik, Ronaldo yang menerima bola dari Bentancur kemudian melepaskan tembakan mendatar untuk menaklukkan Provedel.

Di masa injury time, Spezia mendapat penalti menyusul pelanggaran Demiral kepada Gyasi. Penalti diberikan setelah wasit mengecek VAR.

Namun, Andrey Galabinov gagal memaksimalkan penalti yang didapat. Bola tendangannya masih bisa ditepis oleh Wojciech Szczesny.

Susunan Pemain

Juventus: Szczesny; Danilo, Demiral, Frabotta (Morata 61), Alex Sandro; Chiesa (Ramsey 72), Bentancur, Rabiot, McKennie (Bernardeschi 61); Kulusevski (Di Pardo 88), Ronaldo

Spezia: Provedel; Vignali, Erlic, Terzi, Marchizza (S Bastoni 86); Estevez, Sena (Agoume 86), Maggiore (Acampora 72); Farias (Verde 72), Nzola (Galabinov 72), Gyasi

(nds/raw)