Juventus Vs Napoli Diundur Lagi, AS Roma Protes

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 14 Mar 2021 12:47 WIB
NAPLES, ITALY - FEBRUARY 13: Hirving Lozano of Napoli shoots past Giorgio Chiellini of Juventus during the Serie A match between SSC Napoli  and Juventus at Stadio Diego Armando Maradona on February 13, 2021 in Naples, Italy. Sporting stadiums around Italy remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Francesco Pecoraro/Getty Images)
Jadwal laga pekan ketiga Serie A antara Juventus vs Napoli kembali digeser. Foto: Getty Images/Francesco Pecoraro
Jakarta -

Duel Liga Italia antara Juventus vs Napoli diundur lagi hingga bulan April. Keputusan ini diprotes oleh AS Roma. Kenapa?

Diberitakan Football Italia dan Sky Sport Italia, sebelumnya laga tunda giornata 3 ini akan digelar pada 17 Maret 2021 di Allianz Stadium. Namun Napoli dan Juventus meminta laga ini untuk diundur lagi, dan Serie A menetapkan tanggal 7 April sebagai gantinya.

Kabarnya, hal ini untuk mengendurkan jadwal ketat kedua tim. Diketahui, Napoli akan bertanding menghadapi AC Milan pada 14 Maret dan AS Roma pada 21 Maret.

Jika pertandingan melawan Juventus digelar sesuai jadwal (17 Maret), maka Napoli akan menghadapi tiga laga berat secara beruntun. Penggeseran jadwal Juventus vs Napoli dimaksudkan agar skuad asuhan Gennaro Gattuso bisa mendapat istirahat lebih.

Juventus juga setuju dengan perubahan jadwal ini. Apalagi mereka baru saja tersingkir di Liga Champions oleh Porto. Bianconeri berharap bisa mendapat waktu istirahat lebih banyak, agar bisa bersaing kembali di Serie A.

Kondisi inilah yang diprotes Roma. Mereka merasa dirugikan dengan perubahan jadwal itu.

Pasalnya, dengan ditundanya laga melawan Juventus, maka Napoli memiliki jarak tujuh hari antara melawan Milan dan Roma. Ini dianggap menguntungkan Partenopei.

Sementara itu, Roma yang masih berjuang di Liga Europa akan bertemu Shakhtar Donetsk di leg kedua 16 besar pada 18 Maret. Artinya, mereka hanya punya jarak tiga hari dari laga melawan Napoli.

Roma dilaporkan sudah mengirim surat keberatan kepada Serie A terkait perubahan jadwal itu. Giallorossi merasa dirugikan karena Napoli menjadi lebih segar saat bertemu mereka.

Apalagi perubahan itu diumumkan kurang dari sepekan jelang laga, yakni pada 12 Maret. Roma ingin tahu kapan permintaan perubahan itu diajukan. Menurut regulasi Serie A, pengajuan perubahan harus dilakukan 15 hari sebelum hari pertandingan.

"Kami meminta klarifikasi, apa motivasi dari perubahan jadwal ini dalam sisi olahraga. Sebab kami tak melihat adanya alasan yang jelas kecuali untuk menguntungkan jadwal Napoli, yang akan menghadapi kami pada 21 Maret," bunyi pernyataan Roma.

Juventus vs Napoli seharusnya digelar pada 4 Oktober 2020 lalu. Namun laga itu ditunda karena Napoli tak hadir di Turin usai mendapat larangan bepergian dari otoritas lokal, menyusul adanya kasus COVID-19 dalam tim.

Napoli sempat dijatuhkan hukuman kalah 0-3, namun akhirnya menang banding dan laga itu pun harus tetap dimainkan.

Wajar bila perubahan jadwal ini diprotes Roma. Sebab tiga tim tersebut masih bersaing ketat di papan atas klasemen Serie A, minimal untuk memperebutkan tiket ke Liga Champions musim depan.

(adp/raw)