Mourinho Saja Tak Cukup, Roma Juga Butuh Skuad Mumpuni untuk Juara

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 05 Mei 2021 03:20 WIB
Roma -

Fabio Capello menanggapi penunjukan Jose Mourinho sebagai pelatih AS Roma. Dia menilai Roma harus mendukung Mourinho dengan skuad yang lebih oke jika mau juara.

Roma dan Paulo Fonseca akan pisah jalan pada akhir musim 2020/2021. Tim asal ibu kota Italia itu memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Fonseca yang habis pada Juni 2021.

Roma kemudian mengumumkan Jose Mourinho sebagai pelatih baru yang akan bekerja mulai musim depan. Pelatih asal Portugal itu diikat dengan kontrak sampai 2024.

Perekrutan Mourinho diharapkan meningkatkan daya saing Roma. Apalagi Giallorossi sudah puasa gelar selama 13 tahun, setelah terakhir kali mengangkat trofi pada 2008 yakni Coppa Italia.

Namun, Capello menilai Jose Mourinho saja tidak cukup untuk membawa Roma jadi juara. Mantan pelatih yang mengantar Roma meraih scudetto pada 2000/2001 itu menyebut Mourinho perlu didukung dengan skuad yang mumpuni.

"Tidak cukup merekrut pelatih hebat untuk jadi juara. Anda juga butuh pemain," ujar Capello kepada La Presse seperti dilansir Football Italia.

"Dia pelatih yang sangat prestisius dan berpengalaman. Dan di atas segalanya, dia pelatih yang mengenal Italia dengan baik."

"Jadi, ini jauh lebih mudah. Roma adalah tempat yang sulit, tapi dia meninggikan dirinya dalam kesulitan. Saya berharap buat fans Roma, agar dia bekerja sebaik ketika di Inter," kata Capello.

Jose Mourinho sudah punya pengalaman melatih di Italia. Dia pernah menangani Inter Milan pada 2008-2010 dan mengantar Nerazzurri meraih scudetto.

Secara keseluruhan, Jose Mourinho sudah memenangi 25 trofi di sepanjang kariernya sebagai pelatih. Terakhir, dia mengantar Manchester United jadi juara Liga Europa 2016/2017.

(nds/yna)