3 Pemain Super Profesional Juventus di Mata Matthijs de Ligt

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 18 Mei 2021 16:20 WIB
Juventus Portuguese forward Cristiano Ronaldo (R) celebrates with Juventus Italian defender Giorgio Chiellini after scoring an equalizer during the Italian Serie A football match Torino vs Juventus on April 03, 2021 at the Olympic stadium in Turin. (Photo by Marco BERTORELLO / AFP)
Chiellini dan Ronaldo, dua pemain yang dipuji De Ligt. (Foto: AFP/MARCO BERTORELLO)
Jakarta -

Matthijs de Ligt memuji tinggi tiga rekan satu timnya di Juventus, yang ia sebut sebagai super profesional. Cristiano Ronaldo adalah salah satunya.

De Ligt, yang digaet Juventus dari Ajax pada musim panas 2019, mengungkapkan hal tersebut dalam wawancara yang ia lakukan dengan media asal negaranya, Belanda, De Volkskran.

"Sejak gabung Juventus, aku sudah tumbuh sedemikian banyak secara mental dan merasa lebih matang," kata pemain bertahan berusia 21 tahun itu seperti dilansir SportBible.

"Aku awalnya harus membiasakan diri dengan gaya sepakbola yang berbeda di Italia sini, (termasuk) pergerakan pemain depan. Ketika aku masih di Ajax, fokusnya lebih kepada sosok striker individual sedangkan di sini aku juga harus mengawasi zona pertahanan."

"Jangan selalu mengejar pemain yang sedang menggiring bola, tapi juga awasi striker yang sedang berlari menuju ruang kosong. Itu semua adalah mengenai bagaimana melakukan evaluasi terhadap opsi terbaik yang ada," tutur Matthijs de Ligt.

Giorgio Chielllini, bek kawakan Juventus, disebutnya sebagai pemain bertahan yang jago sekali dalam melakukan hal tersebut. Pesepakbola 36 tahun itu pun dipujinya sebagai salah satu pemain paling profesional dan penuh dedikasi yang ia lihat di Juventus.

"Ia (Chiellini) punya sedemikian banyak pengalaman, aku banyak belajar dari dirinya. Di Italia, bertahan adalah sebuah seni. Menyenangkan bisa memperlihatkan seperti apa kemampuanku di sini. Itu memang tujuanku," ucap De Ligt.

"Cara Cristiano Ronaldo hidup dalam olahraga ini, caranya menjaga diri dan sedemikian termotivasi di usia 36 tahun benar-benar luar biasa," katanya, memuji profesionalisme pemain internasional Portugal itu.

"Chiellini pun seperti itu dan bahkan Gigi Buffon di (umur) 43 tahun. Mereka semua super profesional," ujar Matthijs de Ligt melayangkan pujian buat tiga pemain senior Juventus.

(krs/ran)