Sehebat Apa Mike Maignan yang Jadi Suksesor Donnarumma?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 28 Mei 2021 07:00 WIB
Mike Maignan resmi berseragam AC Milan.
Statistik Mike Maignan, kiper anyar AC Milan (Foto: AC Milan)
Milan -

AC Milan baru saja merekrut Mike Maignan. Lalu seberapa bagus kiper asal Prancis ini untuk menjadi suksesor Gianluigi Donnarumma.

Milan resmi mendatang Mike Maignan dari Lille dengan nilai transfer sebesar 15 juta euro untuk dikontrak selama lima tahun. Ia diproyeksikan untuk menggantikan peran Gianluigi Donnarumma.

Donnarumma dipastikan bakal hengkang dari Rossoneri pada bursa transfer musim panas ini. Hal tersebut terjadi usai kontrak pemain 22 tahun tersebut bersama Milan bakal habis Juni mendatangkan.

Tugas Maignan untuk menjadi suksesor Donnarumma jelas bukan perkara yang mudah. Mengingat, Donnarumma perannya tak tergantikan di Milan dalam lima musim terakhir. Donnarumma bahkan beberapa kali dipercayakan menjadi kapten Il Diavolo.

Menilik dari statistik yang dibukukan Maignan di musim lalu, pria 25 tahun itu punya kapasitas untuk menjadi andalan baru Milan di bawah mistar. Kegemilangannya menjadi salah satu kunci keberhasilan Lille menjuarai Ligue 1 musim ini meruntuhkan dominasi Paris Saint-Germain.

Maignan mampu mencatatkan 21 cleansheet di Ligue 1 di musim ini. Ia menjadi kiper dengan jumlah cleansheet terbanyak di lima liga top Eropa.

Torehan cleansheet tersebut membantu Lille menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di Ligue 1 musim ini dengan hanya kecolongann 23 gol. Catatan cleansheet Maignan musim ini lebih baik daripada Donnarumma yang membuat 13 cleansheet dan kebobolan 38 gol di Serie A.

Jumlah penyelamatan Maignan di Ligue 1 juga tak berbeda jauh dengan yang dibuat Donnarumma di Serie A. Dikutip dari FBREF, Maignan total membuat 86 penyelamatan Liga Prancis musim lalu. Empat penyelamatan lebih sedikit dari yang dicatatkan Donnarumma di Serie A 2020/2021 (90 saves).

Satu hal yang mungkin harus ditingkatkan oleh Maignan agar bisa menggantikan peran Donnarumma dengan baik adalah kemampuannya dalam melepas umpan. Kemampuan build-up play Donnarummma terbilang lebih baik dari dari Maignan.

Donnarumma total melepas 1245 umpan di musim ini dengan 977 di antaranya akurat. Persentase umpan akurat kiper timnas Italia ini 78,5 persen.

Statistik Donnarumma tersebut jauh lebih baik dari yang ditorehkan Maignan di musim ini. Ia membuat 1070 percobaan umpan dengan 777 umpan akurat hingga membukukan persentase akurasi umpan 72,6 persen.

Kita nantikan saja apakah Maignan mampu membuktikan dirinya layak untuk menjadi pengganti Donnarumma?

(pur/adp)