Pirlo Dipecat Juventus, Buffon Beri Pesan Menyentuh

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 29 Mei 2021 03:00 WIB
Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo
Andrea Pirlo dan Gianluigi Buffon. (Foto: Instagram/gianluigibuffon)
Turin -

Andrea Pirlo diputus kontrak dari jabatan pelatih Juventus. Gianluigi Buffon memberikan pesan perpisahan menyentuh buat sang allenatore.

Juventus resmi mengakhiri kerja sama dengan Pirlo, Jumat (28/5/2021) malam WIB. Kabar tersebut diumumkan Bianconeri di situs resminya.

"Terima kasih, Andrea. Ini adalah kata-kata pertama yang kami semua ingin katakan di akhir pengalaman spesial ini," begitu isi pernyataan resmi Juventus.

Pemutusan kontrak ini sekaligus menyudahi karier kepelatihan Andrea Pirlo di Allianz Stadium. Pelatih 42 tahun itu sebelumnya ditunjuk menjadi pelatih Juventus menggantikan Maurizio Sarri pada awal musim 2020/2021.

Meski hanya sebentar, tapi Pirlo mampu mempersembahkan dua trofi buat Juventus. Mantan pemain AC Milan dan Juventus itu sukses menyabet gelar juara Piala Super Italia dan Coppa Italia.

Terlepas dari dua gelar tersebut, Pirlo gagal mempertahankan dominasi Juventus di Liga Italia. Si Nyonya Tua harus merelakan Scudetto musim ini jatuh ke tangan rivalnya, Inter Milan.

Kabar pemecatan Pirlo mendapat tanggapan dari penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon. Dia mengaku sangat terhormat bisa menjalani musim terakhirnya di Turin bersama l'architetto.

"Maestro. Rekan setim. Pelatih. Namun di atas segalanya, teman. Merupakan suatu kehormatan untuk berbagi musim terakhir ini di Juventus bersama-sama," tulis Buffon di akun Twitter miliknya.

Gianluigi Buffon dipastikan hengkang dari Juventus pada 30 Juni 2021. Pemain 43 tahun itu tak memperpanjang kontraknya di sana dan ingin mencari klub baru musim depan.

Sementara itu, posisi Andrea Pirlo di Juventus digantikan oleh Massimiliano Allegri. Juru taktik 53 tahun tersebut sempat menangani Si Nyonya Tua pada periode 2014-2019.

(bay/adp)