Buffon Tolak Liga Champions Demi Balik ke Parma

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 09:00 WIB
BOLOGNA, ITALY - MAY 23: Gianluigi Buffon goalkeeper of Juventus gestures during the warm up prior the beginning of  the Serie A match between Bologna FC and Juventus at Stadio Renato DallAra on May 23, 2021 in Bologna, Italy. (Photo by Mario Carlini / Iguana Press/Getty Images)
Gianluigi Buffon tolak Liga Champions demi kembali ke Parma (Getty Images/Mario Carlini / Iguana Press)
Parma -

Gianluigi Buffon sebenarnya punya kesempatan meraih trofi Liga Champions musim depan. Tapi, Buffon menolak karena ingin pulang ke Parma.

Buffon mengakhiri periode keduanya bersama Juventus tengah tahun ini, setelah kontraknya habis. Di umur 43 tahun, Buffon ternyata belum mau pensiun dan masih mau bermain di level tertinggi.

Apalagi Buffon tentu masih penasaran meraih Liga Champions, satu-satunya trofi bergengsi di level klub yang belum pernah diraihnya. Yang ada Buffon malah tiga kali gagal di final kompetisi tersebut.

Kebetulan ada beberapa tawaran dari klub top datang ke Buffon, salah satunya dari Barcelona. Buffon diproyeksikan jadi kiper kedua melapisi Marc-Andre Ter Stegen.

Tapi, tawaran itu ditolak Buffon karena Parma sudah mendekatinya sejak beberapa bulan terakhir. Meski Parma akhirnya terdegradasi ke Serie B, Buffon tak pikir panjang untuk menerimanya.

Buffon yakin bahwa Parma bisa kembali ke Serie A di bawah kepemilikan baru Kyle Kaus. Dia pun ingin berkontribusi besar untuk klub profesional pertamanya.

"Saya mendapat dua kesempatan bahkan untuk menjuarai Liga Champions, tapi bukan sebagai kiper utama. Saya mau jadi pelapis di Juventus karena ikatan kuat dengan klub itu dan persahabatan dengan orang-orang di sana. Tapi saya merasa tidak bisa melakukan peran itu lagi di dua tahun ke depan ini," ujar Buffon seperti dikutip Football-Italia.

"Orang-orang lupa, Parma adalah klub Italia tersukses keempat di Eropa. Tim ini berjaya di masa lalu, tapi sedang kesulitan saat ini. Meski demikian, saya yakin masa-masa indah akan datang lagi," sambungnya.

Gianluigi Buffon mengawali karier di Parma pada 1995 sebelum pindah ke Juventus pada 2001. Buffon punya 220 penampilan di seluruh kompetisi.

(mrp/nds)