Bek Chelsea Ini Akan Mudik ke Italia dan Gabung Atalanta

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 23 Agu 2021 23:59 WIB
BOURNEMOUTH, ENGLAND - JULY 27: Davide Zappacosta of Chelsea runs off the ball during the Pre-Season Friendly match between AFC Bournemouth and Chelsea at Vitality Stadium on July 27, 2021 in Bournemouth, England. (Photo by Alex Burstow/Getty Images)
Zappacosta akan meninggalkan Chelsea dan pulang ke Italia. Foto: Getty Images/Alex Burstow
Jakarta -

Davide Zappacosta akan pergi meninggalkan Chelsea secara permanen. Ia memutuskan pulang kampung ke Italia, kembali membela Atalanta.

Dilaporkan Sky Sport Italia, Zappacosta dijadwalkan menjalani tes medis pada Selasa (24/8/2021). Chelsea dan Atalanta sudah menyepakati transfer seharga 10 juta Euro, dan syarat-syarat personal sang pemain juga sudah dipenuhi.

Zappacosta akan dikontrak hingga Juni 2025. Jika tes medis rampung, maka proses peresmiannya tinggal menunggu waktu saja. Kepindahan ke Bergamo akan menyudahi periode ketidakpastian yang dialami bek 29 tahun itu selama dua musim terakhir.

Zappacosta bergabung dengan Chelsea dari Torino pada 2017 lalu, saat The Blues masih dilatih Antonio Conte. Begitu sang allenatore keluar setahun berselang, peruntungan Zappacosta di Stamford Bridge ikut berubah.

Begitu Maurizio Sarri masuk, menit bermainnya turun jauh. Ia cuma diberi kesempatan tampil 17 kali di musim 2018/19, kurang dari 50 persen jumlah penampilan di musim sebelumnya. Zappacosta malah cuma jadi cameo di final Liga Europa 2019, saat Chelsea keluar sebagai juara.

Situasinya makin parah di dua musim terakhir. Ia tak dipakai Frank Lampard dan akhirnya dipinjamkan ke AS Roma pada 2019. Setahun kemudian, giliran Genoa yang meminjam jasanya.

Di musim panas ini, Zappacosta sempat kembali ke Stamford Bridge dan menjalani pramusim di bawah asuhan Thomas Tuchel. Namun ia tahu ia bukanlah bagian dari rencana pelatih Jerman itu, terbukti dari namanya yang tak masuk skuad Chelsea di tiga laga awal musim 2021/22.

Atalanta sendiri bukanlah tempat yang asing bagi Zappacosta. Sebelumnya ia sudah dua kali berseragam La Dea, yakni pada tahun 2011 dan 2014.

(adp/bay)