Allegri Belum Terbiasa dengan Juventus yang Sekarang

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 22 Sep 2021 07:30 WIB
Juventus coach Massimiliano Allegri shouts instructions during the Serie A soccer match between Juventus and Empoli at the Allianz stadium in Turin, Italy, Saturday, Aug. 28, 2021. (Fabio Ferrari/LaPresse via AP)
Allegri masih belum bisa mengangkat performa Juventus di musim ini. Foto: (AP/Fabio Ferrari)
Jakarta -

Kiprah Juventus bersama Massimiliano Allegri di awal musim ini tak berjalan mulus. Allenatore 54 tahun itu diyakini masih beradaptasi dengan kondisi Juventus yang berbeda dengan sebelumnya.

Juventus tengah terjebak di zona degradasi Liga Italia dengan menempati urutan ke-18, hasil dari dua kali imbang dan dua kali kalah. Permainan Bianconeri dianggap belum konsisten, sebab sudah tiga laga dilalui dengan gagal mempertahankan keunggulan.

Meskipun sudah meraih kemenangan 3-0 atas Malmo di Liga Champions, namun hal itu belum meringankan beban Allegri. Ia masih dituntut membawa Juventus kembali ke papan atas, sebab para pesaing seperti Napoli, Inter Milan, AC Milan, hingga AS Roma tengah melaju kencang dengan raihan positif di awal musim.

Andrea Barzagli angkat suara terkait performa buruk Juventus belakangan ini. Menurut eks bek Bianconeri itu, Allegri masih 'kaget' dengan kondisi Juventus yang berbeda jauh dengan periode pertamanya dulu, khususnya di lini tengah.

Apalagi kini Allegri bukan dibekali tim juara seperti periode pertamanya dulu pada 2014-2019. Ia mewarisi skuad muda yang selama tiga musim terakhir bergantung pada ketajaman Cristiano Ronaldo, dan ironisnya sang pemain malah pindah ke Manchester United di saat-saat akhir bursa transfer.

"Allegri sangat gugup. Dia sedang mencoba bangkit. Saya pikir dia akan berhasil, selalu ada ketegangan saat melatih Juve," ujar Barzagli kepada DAZN, dikutip Football Italia.

"Mungkin Allegri masih terbiasa dengan Juventus yang dulu, di mana saat bertahan begitu sulit ditembus. Dua tahun telah berlalu, dan para pemain juga sudah berubah."

"Dia mencoba memberikan Juve hasrat untuk bertahan seperti dulu, di mana pada 10-15 menit terakhir kamu harus mengunci keunggulan. Kalau saja kemarin bisa mengalahkan Milan, itu akan membuat Juve bangkit. Mereka punya skuad yang berkualitas, dan pasti bisa bangkit," jelas Barzagli soal Allegri.

(adp/pur)