Tubuh Ibrahimovic Mulai Digerogoti Usia

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 26 Sep 2021 01:00 WIB
MILAN, ITALY - SEPTEMBER 12: Zlatan Ibrahimovic of AC Milan looks on during the Serie A match between AC Milan and SS Lazio at Stadio Giuseppe Meazza on September 12, 2021 in Milan, Italy. (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)
Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic. (Foto: Getty Images/Marco Luzzani)
Milan -

Zlatan Ibrahimovic mengaku sudah tak terlalu bisa memaksakan diri. Tubuhnya kian ringkih, memaksa striker AC Milan tersebut lebih berhati-hati.

Ibrahimovic kini sudah berusia 39 tahun. Bahkan, pemain Swedia itu akan berusia 40 tahun pekan depan.

Dengan usia tersebut, yang rata-rata menjadi waktu pesepakbola sudah pensiun, cedera bak menjadi teman Ibrahimovic. Ia pun baru saja diterpa cedera lutut selama empat bulan.

Pemain yang sempat berkostum Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain, Manchester United, dan LA Galaxy itu baru comeback saat melawan Lazio dua pekan lalu. Ia bahkan langsung bikin gol, dalam kemenangan 2-0 AC Milan.

Namun, Zlatan Ibrahimovic kembali cedera otot setelahnya. Pemain yang sudah mencetak 485 gol di level klub itu mengaku sudah harus memperhatikan kondisi tubuhnya.

"Ketika saya masih muda, saya hanya bermain, bahkan jika saya merasakan sakit di tendon, seperti hari ini. Saya ingin menang dan mencetak gol, baru berhenti. Dengan waktu dan pengalaman, saya menyadari betapa pentingnya berbicara dengan tubuh Anda," katanya kepada Sportweek, seperti dikutip Calciomercato.

"Sekarang kepala saya baik-baik saja, tetapi tubuh saya semakin tua, tidak selalu mengikutinya dan itu menjadi masalah."

"Tahun ini, saya harus mendengarkan tubuh saya, setiap sinyal kecil yang dikirimkannya kepada saya. Hanya dengan begitu, saya bisa menghindari konsekuensi yang lebih buruk. Saya perlu mendengarkan tubuh saya setiap hari untuk bermain secara konsisten," ujarnya.

Simak video 'Brahim Diaz Pahlawan Kemenangan AC Milan Atas Spezia':

[Gambas:Video 20detik]



(yna/yna)