Sejarah! Generasi Ketiga Maldini Sukses Cetak Gol di Serie A

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 26 Sep 2021 06:00 WIB
La Spezia -

Daniel Maldini mencetak satu gol saat membantu AC Milan mengalahkan Spezia 2-1 di Liga Italia. Gol tersebut menciptakan sejarah baru bagi keluarga Maldini di Serie A.

Maldini mencetak gol lewat sundulan di menit ke-48 dalam laga yang berlangsung di Stadion Alberto Picco, Sabtu (25/9/2021). Gol tersebut menjadi yang pertama bagi pemain 19 tahun itu dalam kariernya di Serie A.

Makin terasa spesial karena sang ayah yang juga legenda Rossoneri, Paolo Maldini hadir menonton di sana. Tak cuma itu, Maldini berhasil menciptakan rekor baru di Serie A. Trah Maldini menjadi keluarga pertama di Serie A yang berhasil mencetak gol lewat tiga pemain dari generasi berbeda. Sebelumnya, ayah dan kakek Daniel sudah melakukannya.

Mengutip Football Italia, mendiang Cesare Maldini yang membela Milan pada periode 1954-1966 mencetak gol terakhirnya untuk Milan pada September 1961 ke gawang Catania. Ia menjadi generasi Maldini pertama yang menyumbang gol untuk Il Diavolo Rosso.

Paolo Maldini yang menjadi kapten Milan selepas Franco Baresi membela Milan pada 1984-2009. Kini menjadi direktur Milan, Paolo mencetak gol terakhirnya di Serie A pada Maret 2008 ke gawang Atalanta. Dan sekarang, Daniel mencetak gol perdana di Serie A ke gawang Spezia.

Seusai laga, performa Daniel dipuji oleh pelatih Milan Stefano Pioli, namun allenatore berkepala plontos itu mengingatkan bahwa sang pemain masih bisa lebih baik lagi.

LECCE, ITALY - JUNE 22: Paolo Maldini of Milan during the Serie A match between US Lecce and  AC Milan at Stadio Via del Mare on June 22, 2020 in Lecce, Italy. (Photo by Maurizio Lagana/Getty Images)Paolo Maldini, ayah Daniel Maldini sekaligus legenda hidup AC Milan. Foto: (Getty Images/Maurizio Lagana)

"Hal terpenting soal Daniel adalah dia punya talenta. Tekniknya bagus, begitu juga visinya terhadap permainan. Namun ia perlu lebih cepat dan lebih intensif dalam melepaskan diri dari kawalan," ujar Pioli kepada DAZN.

"(Mehdi) Bourabia tadi mengawalnya dan dia perlu beberapa meter lagi untuk lepas dari penjagaan lalu membuka ruang."

"Start pertamanya terjadi di laga melawan Rio Ave (di Liga Europa) setahun lalu, dan dia bermain sebagai Flase 9. Jadi laga tadi adalah yang yang pertama baginya menjadi starter (sebagai gelandang serang). Dia punya kualitas untuk memberikan dampak kepada tim di masa depan, dan bisa lebih baik lagi," jelas Pioli soal Daniel Maldini.

(adp/ran)