Spezia Vs Milan: Maldini Cetak Gol, Rossoneri Menang 2-1

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 25 Sep 2021 22:05 WIB
La Spezia -

AC Milan berhasil memenangi laga pekan keenam Liga Italia musim ini. Bertandang ke markas Spezia, Il Diavolo Rosso menang tipis 2-1.

Di Stadion Alberto Picco, Sabtu (25/9/2021), kedua tim sempat bermain imbang tanpa gol di babak pertama. Milan lalu berhasil unggul di babak kedua lewat sundulan Daniel Maldini (48').

Tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan Daniele Verde yang membentur Sandro Tonali di menit ke-80, namun Milan berhasil memastikan pulang ke San Siro dengan membawa tiga poin.

Brahim Diaz menjadi pahlawan kemenangan usai mencetak gol di menit ke-86. Hasil ini membuat Rossoneri memuncaki klasemen sementara dengan 16 poin, namun berpotensi kembali turun jika Inter Milan berhasil mengalahkan Atalanta di laga pukul 23.00 WIB nanti.

Sementara itu, Spezia berada di peringkat 17 dengan baru mengoleksi 4 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya pertandingan

Sandro Tonali mendapat kans melepaskan tembakan di menit ke-10, tetapi masih melebar di sisi kiri gawang Spezia. Tuan rumah membalas tiga menit berselang, saat tembakan M'Bala Nzola di kotak penalti Milan masih bisa diamankan kiper Mike Maignan.

Ante Rebic melakukan percobaan jarak jauh di menit ke-14, tetapi juga gagal tepat sasaran. Sementara itu, sepakan Giulio Maggiore dari jarak jauh di menit ke-21 juga belum berhasil menjebol gawang Milan.

Milan kembali menekan Spezia. Tendangan bebas langsung Theo Hernandez di menit ke-27 menjadi kesempatan bagus untuk mencetak gol, namun bek Prancis itu gagal mengarahkannya ke gawang Spezia.

Tuan rumah pun mampu meladeni Milan. Peluang kembali hadir lewat sundulan Maggiore di menit ke-29, tetapi hasilnya tetap tak berbuah gol.

Milan tak mencatatkan shot on goal di babak pertama, sebab sepakan jarak jauh Alexis Saelemaekers di menit ke-34 malah melebar, begitu juga dengan sundulan Rebic di menit ke-37. Babak pertama berakhir 0-0.

Di babak kedua, Milan langsung unggul cepat di menit ke-48. Crossing Pierre Kalulu dari sisi kanan disambut Daniel Maldini dengan sundulan yang sukses menaklukkan kiper Spezia, Jeroen Zoet.

Milan hampir menggandakan keunggulan di menit ke-57. Rafael Leao mendapat ruang di kotak penalti lalu melepaskan tembakan dengan kaki kanannya, tapi bola membentur tiang gawang. Ia kembali mendapat peluang di menit ke-62, tapi Zoet berhasil menghalau sepakannya.

Leao lagi-lagi membuang peluang di menit ke-74, saat tembakan jarak jauhnya kembali dimentahkan Zoet. Buang-buang peluang ini menjadi fatal, karena beberapa menit setelahnya, Spezia justru mencetak gol.

Pada menit ke-80, Daniele Verde masuk ke kotak penalti dari sisi kanan, lalu melepaskan tendangan keras ke gawang Milan. Bola membentur kaki Tonali dan berbelok arah ke sudut kanan gawang, mengecoh Maignan yang sudah bergerak ke kiri. Skor menjadi 1-1.

Milan tersengat oleh gol tersebut. Rafael Leao coba membawa Milan kembali unggul dengan melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-82, tetapi bola menyamping di sisi kiri gawang.

Pelatih Milan Stefano Pioli kemudian memasukkan Brahim Diaz sebagai pergantian pemain terakhir. Keputusan ini terbukti jitu karena ia berhasil mencetak gol di menit ke-86.

Berawal dari aksi Saelemaekers di kotak penalti yang berhasil mengecoh tiga pemain Spezia, bola lalu diumpan kepada Diaz yang berdiri bebas tak terkawal, untuk kemudian menyelesaikannya menjadi gol. Skor 2-1 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Spezia: Zoet, Amian, Hristov, Nikolaou, Bastoni, Bourabia, Sala (Verde 65'), Antiste (Manaj 65'), Maggiore (Ferrer 64'), Gyasi (Strelec 79'), Nzola

AC Milan: Maignan, Hernandez, Romagnoli, Tomori, Kalulu (Calabria 72'), Kessie (Diaz 82'), Tonali, Rebic (Leao 46'), Maldini (Bennacer 59'), Saelemaekers, Giroud (Pellegri 46')

(adp/nds)