Bonucci: Setelah Ronaldo Pergi, Juventus Kini ...

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 21 Okt 2021 18:38 WIB
VILLAR PEROSA, ITALY - AUGUST 12:  Cristiano Ronaldo (C) of Juventus celebrates with his team-mate Leonardo Bonucci (L) during the Pre-Season Friendly match between Juventus and Juventus U19 on August 12, 2018 in Villar Perosa, Italy.  (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)
Bek tengah Juventus Leonardo Bonucci mengungkapkan permainan timnya sepeninggal Cristiano Ronaldo. (Foto: Getty Images/Marco Luzzani)
Turin -

Juventus pelan-pelan menanjak lagi usai sempat tersendat. Leonardo Bonucci mengakui, Juve kini lebih bermain secara tim setelah kepergian Cristiano Ronaldo.

Megabintang sepakbola Portugal itu meninggalkan Juventus setelah tiga musim untuk kembali ke Manchester United di musim panas lalu. Selama berkostum 'hitam-putih', Ronaldo menjadi pusat permainan Juve dengan membuat 101 gol dalam 134 penampilan di seluruh kompetisi.

Usai Ronaldo angkat kaki dari Turin, Juventus tidak bisa dipungkiri mesti beradaptasi. Pada awalnya, Bianconeri gagal memenangi tiga pertandingan pertamanya di Liga Italia.

Namun setelah menghempaskan Malmoe 3-0 di matchday 1 Liga Champions, Juventus nyaris tidak terbendung. Tim yang dibesut Massimiliano Allegri itu sukses mendulang delapan kemenangan dalam sembilan pertandingan berikutnya termasuk memetik tujuh kemenangan berturut-turut.

Juventus masih butuh bekerja keras untuk mendongkrak posisinya di klasemen Serie A karena masih tertinggal 10 poin dari Napoli di puncak klasemen. Namun, di Eropa Juve tampil menjanjikan setelah meraup sembilan poin dari tiga laga pertama sehingga nyaris pasti akan lolos ke fase knockout.

Saat ditanya apakah Juventus kini lebih bermain secara tim dalam beberapa musim terakhir, Leonardo Bonucci ikut menyebut-nyebut Cristiano Ronaldo. "Betul sekali, itulah yang sudah kami semua katakan. Sebelumnya, kami kehilangan karakteristik Juve," ungkap dia kepada Sky Sport Italia.

"Kami dulu bermain dengan seorang pemenang yang hebat dan menginginkan dia agar bermain dengan bagus, jadi mungkin kami kehilangan gairah untuk menderita dan berkorban bersama-sama karena kami mengira dia akan membereskannya," lanjut mantan pemain AC Milan itu.

"Pelatih sudah melakukan pekerjaan yang sangat bagus untuk mendapatkan kembali semangat dan kerendahan hati itu dan kami semua bekerja bersama-sama sekarang untuk mendapakan kemenangan," tutur Bonucci membeberkan kondisi Juventus selepas ditinggal Ronaldo.

(rin/krs)