Zenit Vs Juventus: Kulusevski Menangkan Bianconeri

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 21 Okt 2021 03:59 WIB
Saint Petersburg -

Zenit St. Petersburg vs Juventus tersaji dalam matchday ketiga di Grup H Liga Champions. Bianconeri harus kerja keras untuk bisa menang 1-0.

Zenit vs Juventus berlangsung di Gazprom Arena, Kamis (21/10/2021) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Juventus meningkatkan serangan di babak kedua. Kerja keras Si Nyonya Tua baru menghasilkan gol di menit ke-86 lewat Dejan Kulusevski, yang sekaligus pertama kalinya mencatatkan nama di papan skor pada ajang Liga Champions.

Hasil ini menempatkan Juventus makin kukuh di puncak klasemen Grup H dengan sembilan poin dan tanpa kebobolan. Chelsea menguntit di urutan kedua setelah melibas Malmo 4-0.

Jalannya Pertandingan

Tim tuan rumah berusaha mengurung Juventus di 10 menit awal, namun permainan dari umpan-umpan pendek Zenit belum bisa menghadirkan ancaman berarti.

Belum ada percobaan yang dilepaskan kedua tim sampai laga berjalan 15 menit. Juventus terlihat cukup lambat melakukan serangan balik saat berhasil mengambil alih penguasaan bola.

Zenit mengancam lewat Claudinho dari luar kotak penalti di menit ke-18 setelah Federico Bernardeschi terpeleset saat mau melepaskan umpan. Claudinho yang mendapatkan bola dari sodoran Malcom melepaskan tembakan, tapi Wojciech Szczesny berhasil bikin penyelamatan.

Federico Chiesa melakukan penetrasi ke kotak penalti Zenit di menit ke-26. Meski mendapat kawalan dua pemain, Chiesa mencoba melepaskan tembakan yang mampu diblok lawan.

Manuel Locatelli melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti di menit ke-36. Bola yang dilepaskan pemain pinjaman dari Sassuolo itu masih mengarah ke atas mistar gawang.

Chiesa melepaskan percobaan empat menit berselang. Bola yang diarahkan ke tiang jauh masih belum menemui sasaran.

Dimitriy Chsitiakov gagal merobek gawang Juventus lewat sundulan dengan memanfaatkan bola umpan sepak pojok di menit ke-44. Bola sundulan bek Zenit itu masih mengarah tepat ke Szczesny. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Juventus punya peluang bagus saat babak kedua baru berjalan lima menit. Sebuah umpan terobosan Alvaro Morata berhasil disambut Weston McKennie, namun kiper Stanislav Kritsyuk dengan cepat menepis bola dari jarak dekat.

Zenit gantian mengancam di menit ke-56. Claudinho mengecoh Mattia De Sciglio dan melepaskan tembakan ke tiang jauh, namun bola masih belum menemui target.

Morata melepaskan tembakan spekulasi di menit ke-70 dari luar kotak penalti setelah menerima sodoran dari Arthur Melo. Percobaan dari striker asal Spanyol itu masih belum mengarah ke gawang.

De Sciglio melepaskan umpan silang ke depan gawang Zenit. Ada McKennie yang menyambut dengan sundulan terbang, tapi bola melebar tipis dari target.

Juventus memecah kebuntuan di menit ke-86. Dejan Kulusevski sukses mencetak gol dengan sundulan setelah menyambut bola umpan silang dari De Sciglio.

Tak ada gol tambahan di sisi waktu. Juventus pulang menuju Turin dengan tiga poin.

Susunan Pemain:

Zenit: Kritsyuk; Karavaev (Sutormin 64'), Chistyakov, Lovren, Rakitskiy; Wendel, Barrios, Santos; Malcom (Kuzyaev 71'), Dzyuba, Claudinho.

Juventus: Sczesny; De Sciglio, Bonucci, de Ligt, Alex Sandro (Cuadrado 58'); Locatelli (Arthur 58'), Bentancur, McKeannie; Chiesa, Bernadeschi (Kulusevski 58'), Morata.

(ran/yna)