Apa Kabar Minala, Eks-Wonderkid Lazio yang Dituding Curi Umur 24 Tahun?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 15:42 WIB
BELLUNO, ITALY - JULY 18:  Joseph MInala of SS Lazio during the SS Lazio pre-season training camp  on July 18, 2018 in Auronzo di Cadore nearBelluno, Italy.  (Photo by Marco Rosi/Getty Images)
Joseph Minala, eks-wonderkid Lazio (Foto: Getty Images/Marco Rosi)
Jakarta -

Joseph Minala mencuri perhatian semasa usianya belasan. Selain lewat penampilan di lapangan, juga lantaran ada tudingan pencurian umur. Begini kabarnya sekarang.

Minala pernah jadi wonderkid Lazio dan bahkan sudah masuk daftar pemain cadangan pada Maret 2014, sebelum debut Serie A satu bulan kemudian. Pemain asal Kamerun itu tercatat berusia 17 tahun saat debutnya tersebut.

Namun, ketika itu ramai pula tudingan bahwa Minala mencuri umur. Antara lain dari laporan pers Senegal yang menyebut Minala bukanlah berumur 17 tahun melainkan 41 tahun -- dan beberapa bulan kemudian akan ulang tahun ke-42.

Laporan pers Senegal saat itu juga mengklaim bahwa Minala melakukan pencurian umur sampai 24 tahun demi alasan ekonomi; ia berbohong tentang usia demi bisa mengirimi uang untuk menghidupi keluarganya di Kamerun.

Joseph Minala tentu saja membantah mentah-mentah tudingan tersebut. Ia bersikeras usianya masih belasan tahun dan punya dokumen-dokumen resmi yang mendukungnya.

Selain laporan di pers, Minala juga harus menghadapi ledekan dari netizen di dunia maya. Media sosial, walaupun belum seramai sekarang, ketika itu diramaikan cacian yang menyebut Minala berwajah 'boros' bagaikan pria paruh baya.

ROME, ITALY - APRIL 06:  Joseph Minala of SS Lazio in action during the Serie A match between SS Lazio and UC Sampdoria at Stadio Olimpico on April 6, 2014 in Rome, Italy.  (Photo by Paolo Bruno/Getty Images)Aksi Joseph Minala membela Lazio di Serie A pada 6 April 2014. Foto: Getty Images/Paolo Bruno

Lazio tidak tinggal diam dan membeberkan salinan dokumentasi resmi mengenai legalitas usia Joseph Minala di situs resmi klub ibu kota Italia tersebut. Apalagi Biancocelesti tampak menaruh banyak ekspektasi terhadap si wonderkid.

Pada musim debutnya, 2013/2014, Minala mencatatkan tiga penampilan bersama Lazio. Tapi kariernya mengalami stagnasi.

Lazio masih berharap ia bisa berkembang dan kemudian meminjamkannya ke sejumlah klub Serie B antara lain Bari dan Salernitana. Tapi Joseph Minala tampak belum juga memperlihatkan perkembangan.

PARMA, ITALY - SEPTEMBER 29: Joseph Minala of US Salernitana competes for the ball whit  Manuel Scavone of Parma Calcio during the Serie B match between Parma Calcio and US Salernitana  at Stadio Ennio Tardini on September 29, 2017 in Parma, Italy.  (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images)Joseph Minala semasa dipinjamkan ke Salernitana pada 29 September 2017. Foto: Getty Images/Alessandro Sabattini

Pada Februari 2020, Lazio bahkan sampai meminjamkannya ke klub China Qingdao Huanghai. Di sini, ia juga gagal memperlihatkan performa prima dalam 15 penampilannya sampai akhir masa peminjaman pada 31 Desember 2020.

Balik ke Lazio, Joseph Minala sudah tak lagi dianggap sebagai aset masa depan. Klub itu melepasnya di akhir masa kontrak pada musim panas 2021.

Apa kabar Joseph Minala sekarang?

Setelah beberapa bulan tanpa klub, mantan wonderkid Lazio ini resmi teken kontrak dengan klub Serie C Lucchese pada awal pekan.

"La Lucchese 1905 secara resmi mengumumkan sudah mendapatkan hak penampilan olahraga dari Joseph Marie Minala, gelandang Kamerun, kelahiran 1996," tulis keterangan klub.

Di usia ke-25, Joseph Minala kini akan berusaha menyibak lembaran baru dalam kariernya.

(krs/raw)