FIGC Urus Naturalisasi Tiga Pemain Brasil Agar Bisa Perkuat Italia

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 26 Nov 2021 04:00 WIB
NOVARA, ITALY - OCTOBER 11: An Official Puma Italy FIGC matchball during the Italy U21 training session at Novarello Training Center on October 11, 2021 in Novara, Italy. (Photo by Jonathan Moscrop/Getty Images)
FIGC ingin menaturalisasi tiga pemain asal Brasil. Foto: Getty Images/Jonathan Moscrop
Jakarta -

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) sedang mengurus proses naturalisasi tiga pemain asal Brasil. Hal ini dilakukan demi menambah opsi pemain yang bisa dipanggil ke Timnas Italia untuk menjalani playoff Piala Dunia 2022.

Dilaporkan Tuttomercatoweb, tiga pemain itu adalah Roger Ibanez (AS Roma), Luiz Felipe (Lazio), dan Joao Pedro (Cagliari). Mereka semua lolos syarat untuk membela Gli Azzurri di kancah internasional.

Ibanez yang lahir di Canela, Brasil tetapi memiliki darah Italia dari keluarganya. Bek 22 tahun itu sudah memiliki paspor Italia yang memudahkannya bermain di Eropa, dan pada bulan lalu menyatakan tak menutup kemungkinan untuk berseragam Gli Azzurri.

Luiz Felipe juga memiliki darah Italia dari orang tuanya, dan sudah punya paspor ganda. Ia juga telah bermain di Italia sejak 2016, sehingga membuatnya kian mudah untuk dinaturalisasi. Walaupun sempat menolak panggilan Italia U-21 pada 2019 lalu, namun pelatih Roberto Mancini dilaporkan sedang memantaunya.

Joao Pedro lain lagi. Dia sudah bermain di Cagliari sejak 2014, memiliki istri orang Italia, dan anak-anaknya pun lahir di Sardinia. Pemain 29 tahun itu hanya pernah membela Brasil U-17, dan kini terbuka dengan panggilan dari Italia.

Musim ini, Joao Pedro sudah mencetak 8 gol dan 2 assist dari 13 laga bersama Cagliari. Ia diyakini bisa menjadi solusi tumpulnya lini depan Italia selama fase Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, di mana Gli Azzurri harus menjalani playoff pada Maret mendatang untuk bisa lolos ke Qatar.

CAGLIARI, ITALY - AUGUST 23:  Joao Pedro of Cagliari celebrates his goal  2-2 during the Serie A match between Cagliari Calcio v Spezia Calcio at Sardegna Arena on August 23, 2021 in Cagliari, Italy. (Photo by Enrico Locci/Getty Images)Joao Pedro. Foto: Getty Images/Enrico Locci

Presiden FIGC Gabriele Gravina mengonfirmasi pihaknya sedang mengurus proses pergantian aliansi timnas ketiga pemain tersebut, namun tak ada jaminan mereka akan dipanggil. Semua kembali kepada keputusan pelatih, dalam hal ini Mancini.

"Kami menyelesaikan bagian formalnya, kemudian terserah pelatih apakah ingin memanggil mereka atau tidak," jelas Gravina.

Perekrutan Oriundi, istilah untuk para pemain yang tak lahir di Italia namun berdarah Italia dan mau membela Timnas Italia, sudah berlangsung sejak lama. Di Euro 2020 silam, Italia menjadi juara dengan bantuan tiga pemain kelahiran Brasil, yakni Jorginho, Emerson Palmieri, dan Rafael Toloi.

(adp/pur)