Mantap! Usia 43 Tahun, Buffon Masih Sanggup Tepis Tiga Penalti

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 29 Nov 2021 09:40 WIB
Gianluigi Buffon
Buffon membela Parma musim ini. Foto: Emilio Andreoli/Getty Images
Como -

Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Gianluigi Buffon belum habis, di usia 43 tahun masih bisa menyelamatkan tiga penalti!

Buffon kembali ke Parma yang bermain di Serie B musim ini, setelah kontraknya habis bersama Juventus di musim panas lalu. Di usia yang sudah kepala empat, mayoritas pesepakbola sudah gantung sepatu, namun ia masih merasa muda.

Buffon kembali ke Parma tak sekadar menghabiskan waktu di pengujung karier, melainkan ingin membawa Gialloblu kembali ke Serie A. Ia pun masih berlatih keras demi menjaga posisinya sebagai kiper utama.

Salah satu keahliannya, yakni menepis penalti juga belum hilang. Terbaru, Buffon berhasil menyelamatkan Parma dari kekalahan saat bertemu Como di pekan ke-14, Senin (29/11/2021) dini hari WIB.

Di menit ke-40, Como mendapatkan penalti. Ettore Gliozzi maju sebagai eksekutor. Tetapi arah tembakan pemain 26 tahun itu terbaca oleh Buffon. Dengan sigap, sang superman menangkap bola tersebut, kemudian berselebrasi di hadapan suporter.

Padahal, Ettore dikenal sebagai penendang penalti jitu di kasta bawah sepakbola Italia. Sudah 25 penalti ia eksekusi, 22 di antaranya berhasil dikonversi menjadi gol.

Penyelamatan itu menjadi yang ketiga bagi Buffon di musim ini dari total 6 tembakan. Sebelumnya, ia menepis penalti Mirko Antonucci (Cittadella) dan Samuel Di Carmine (Cremonese). Artinya, ia memiliki ratio 50 persen penyelamatan penalti di musim ini.

Buffon sendiri masih punya target tinggi di musim ini. Selain bertekad membawa Parma promosi, ia masih berharap dipanggil ke Timnas Italia dalam upaya lolos ke Piala Dunia 2022, meski ia terakhir kali membela Gli Azzurri pada 2018 silam.

Lihat juga video 'Untung Ada Buffon':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/rin)