Pengadilan Turin Selidiki Transfer Ronaldo ke Man United

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 04 Des 2021 09:40 WIB
Juventus Cristiano Ronaldo looks on during a Serie A soccer match between Juventus and Genoa, at the Turin Allianz stadium, Italy, Sunday, April 11, 2021. Ronaldo is headed back to Manchester United. The English club said Friday, Aug. 27, 2021, it has reached an agreement with Juventus for the transfer of the 36-year-old Portugal forward, subject to agreement of personal terms, visa and a medical examination. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Ronaldo berseragam Juventus selama tiga musim, lalu pindah ke MU pada Agustus lalu. Foto: AP/Marco Alpozzi
Turin -

Juventus sedang diinvestigasi terkait dugaan pemalsuan laporan keuangan dan juga transfer bermasalah selama tiga musim terakhir. Terbaru, kepindahan Cristiano Ronaldo ke Manchester United pun ikut diusut.

Diberitakan Football Italia, Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Turin menyampaikan kepada Juventus bahwa ada perintah baru terkait penggeledahan dan penyitaan dokumen terkait penyelidikan kasus yang sama. Diketahui hal ini turut menyeret para petinggi klub seperti Andrea Agnelli dan Pavel Nedved.

Pada penggeledahan yang baru pekan ini, mereka juga memasukkan transfer Ronaldo ke dalam penyelidikan. Diketahui, ia pergi ke MU pada akhir Agustus lalu dengan biaya 14 juta Euro.

Transfer ini dimasukkan dalam neraca keuangan Juventus musim lalu, dengan menyatakan kepergian Ronaldo membuat Bianconeri merugi 14 juta Euro, sekitar 6,6 persen dari total kerugian Juventus musim lalu, yakni 210 juta Euro.

Angka kerugian 14 juta Euro itu berasal dari perhitungan klub yang meliputi sejumlah faktor, seperti nilai transfernya sewaktu didatangkan, nilai transfernya ke MU, hingga gajinya yang tak jadi dibayarkan di sisa kontrak.

Belum diketahui bagian mana dari transfer ini yang diselidiki oleh pengadilan, namun Juventus menyatakan tak ada yang bermasalah dengan transfer tersebut.

Pengadilan juga akan menyelidiki 'dokumen rahasia' antara Ronaldo dan Juventus. Dalam penyadapan telepon, dokumen itu disebut sebagai 'dokumen terkenal yang seharusnya tak ada secara teoretis'.

Belum diketahui apa isi dokumen tersebut, namun agen Ronaldo, Jorge Mendes kemungkinan akan ikut dimintai keterangan karena ia-lah yang mengurus kepindahan ini.

Juventus bisa saja dihukum berat jika terbukti bersalah dalam kasus pemalsuan laporan keuangan ini, yang kabarnya melibatkan puluhan transfer, dan tak tertutup kemungkinan dihukum turun kasta, seperti yang dialami pada 2006 lalu.

Simak juga Video: Top 5: Eks Pemain Timnas Tendang Penonton, Jokowi Sindir Kapolda-Kapolres

[Gambas:Video 20detik]



(adp/ran)