Juventus Vs Genoa: Bianconeri Menang 2-0

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 06 Des 2021 04:39 WIB
Jakarta -

Juventus memetik poin penuh kala menjamu Genoa di lanjutan Liga Italia. Si Nyonya Tua menang 2-0 berkat gol Juan Cuadrado dan Paulo Dybala.

Duel Juventus vs Genoa di pekan ke-16 Liga Italia digelar di Allianz Stadium, Senin (6/12/2021) dini hari WIB. Tuan rumah tampil begitu dominan di sepanjang pertandingan.

Juventus sudah unggul saat laga baru berjalan sembilan menit lewat gol Juan Cuadrado. Meski memegang kendali permainan, Juventus kesulitan menambah gol menyusul penampilan apik Salvatore Sirigu di bawah mistar gawang Genoa.

Dominasi Juventus membuat Genoa kesulitan menciptakan peluang. Gempuran Juventus baru membuahkan gol kedua pada menit ke-82 lewat sepakan Paulo Dybala.

Berkat kemenangan ini, Juventus naik ke peringkat kelima klasemen Liga Italia dengan 27 poin dari 16 pertandingan. Sementara Genoa masih tertahan di peringkat ke-18 dengan 10 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Juventus sudah membuka keunggulan pada menit kesembilan. Juan Cuadrado mencetak gol langsung dari tendangan sudut. Bola yang ditendang Cuadrado meluncur ke pojok atas gawang, tanpa bisa dijangkau oleh Salvatore Sirigu.

Juventus memegang kendali permainan. Tim tuan rumah mendapat peluang pada menit ke-15 lewat Federico Bernardeschi.

Alvaro Morata mengirim umpan terobosan kepada Bernardeschi yang masuk ke kotak penalti. Namun, Bernardeschi gagal menaklukkan Sirigu setelah tendangan kaki kanannya diblok di tiang dekat.

Peluang ganda untuk Juventus. Bernardeschi mengirim umpan silang ke kotak penalti dan bola ditanduk oleh Matthijs de Ligt, memaksa Sirigu melakukan penyelamatan tepat di garis gawang. Bola munah coba disambar Morata, tapi Sirigu lagi-lagi bisa memblok bola.

Sirigu kembali melakukan penyelamatan penting pada menit ke-44. Dybala mengirim umpan silang dari sisi kiri dan bola disambar oleh Morata. Sirigu bereaksi dengan baik untuk memblok bola.

Memasuki babak kedua, Juventus masih menguasai permainan. Sebuah upaya dari Dybala pada menit ke-51 belum membuahkan hasil. Tembakannya dari depan kotak penalti masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Serangan-serangan yang dibangun Juventus memaksa Sirigu bekerja keras. Kiper Genoa itu beberapa kali melakukan penyelamatan krusial.

Morata melepaskan umpan mendatar ke sisi kiri. Bola disambar oleh Dybala, tapi bisa diantisipasi oleh Sirigu. Tak lama kemudian, giliran Cuadrado yang melepaskan tembakan setengah voli, tapi Sirigu lagi-lagi bisa menepisnya.

Gol! Upaya Juventus untuk menambah gol akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-82 lewat sepakan Dybala.

Bernardeschi yang bergerak di sisi kiri kemudian mengoper kepada Dybala yang ada di kotak penalti. Penyerang asal Argentina itu melepaskan tembakan dengan kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh.

Susunan Pemain

Juventus: Wojciech Szczesny; Luca Pellegrini (Alex Sandro 46'), Giorgio Chiellini, Matthijs de Ligt, Juan Cuadrado; Manuel Locatelli, Rodrigo Bentancur; Federico Bernardeschi (Rabiot 83'), Paulo Dybala (Kaio Jorge 89'), Dejan Kulusevski; Alvaro Morata (Kean 73')

Genoa: Salvatore Sirigu; Davide Biraschi, Mattia Bani (Vanheusden 73'), Johan Vasquez; Paolo Ghiglione, Valon Behrami (Galdames 59'), Hernani, Abdoulaye Toure (Portanova 59'), Andrea Cambiaso (Melegoni 85'); Flavio Bianchi (Pandev 58'), Caleb Ekuban

(nds/mrp)