Semifinal Coppa Italia: Inter ke Final Usai Sikat Milan 3-0

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 20 Apr 2022 03:59 WIB
Milan -

Inter Milan berhasil mengalahkan rival sekota AC Milan 3-0 di leg kedua semifinal Coppa Italia musim ini. Dengan demikian, skuad asuhan Simone Inzaghi melaju ke laga puncak.

Bermain di San Siro, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB, Inter sudah memimpin sejak menit ke-4. Lewat sebuah serangan dari sisi kiri, bola kemudian digeser kepada Matteo Darmian yang berada di sisi kanan.

Crossing bek sayap 32 tahun itu ke kotak penalti langsung dituntaskan Lautaro Martinez dengan tembakan voli yang bersarang telak di sudut kanan gawang Milan, menaklukkan kiper Mike Maignan.

Milan berupaya menyamakan kedudukan, namun sebuah peluang dari Rafael Leao di menit ke-28 berakhir melebar di sisi kiri gawang Inter. Sementara tembakan Davide Calabria ke sudut kanan gawang di menit ke-30 berhasil diamankan Samir Handanovic.

Bukannya mencetak gol, Rossoneri kembali kebobolan di menit ke-40. Joaquin Correa dengan jeli mengirim umpan terobosan kepada Martinez, yang dalam situasi satu lawan satu berhasil menjebol gawang Maignan dengan sepakan lob. Babak pertama ditutup 2-0.

Pada babak kedua, Milan mencoba tampil lebih agresif. Sundulan Franck Kessie yang memanfaatkan situasi free kick berhasil dihalau Handanovic di menit ke-49, lalu sepakan Theo Hernandez dari tepi kotak penalti melebar di sisi kanan pada menit ke-54.

Pada menit ke-66, Milan sempat mencetak gol lewat sepakan jarak jauh Ismael Bennacer yang memanfaatkan kemelut sepak pojok, namun dianulir wasit usai Pierre Kalulu dianggap offside. Cukup lama Video Assistant Referee (VAR) mengecek hal ini.

Milan kehilangan momentum setelah itu, sebab Inter langsung melakukan 5 pergantian pemain dalam rentang 10 menit. Hasilnya, gol ketiga tercipta di menit ke-82.

Arturo Vidal mengirim umpan terobosan kepada Marcelo Brozovic yang lolos dari jebakan offside. Gelandang Kroasia itu mengirim umpan kepada Robin Gosens yang bebas di depan gawang, dan langsung menjebol gawang Maignan.

Skor 3-0 menutup laga ini. Inter berhak lolos ke final Coppa Italia dengan agregat 3-0, setelah bermain imbang 0-0 di leg pertama. Nerrazurri akan berhadapan dengan pemenang Juventus vs Fiorentina. Bianconeri unggul 1-0 di leg pertama.

Susunan pemain

Inter Milan: Handanovic, Skriniar, De Vrij, Bastoni (D'Ambrosio 79'), Darmian, Barella, Brozovic, Calhanoglu (Vidal 73'), Perisic (Gosens 79'), Martinez (Dzeko 71'), Correa (Sanchez 71').

AC Milan: Maignan, Hernandez, Tomori, Kalulu, Calabria (Gabbia 73'), Tonali (Brahim Diaz 46'), Bennacer (Krunic 73'), Rafael Leao (Lazetic 86'), Kessie, Saelemaekers (Messias 46'), Giroud.

(adp/pur)