Menanti Deja Vu 2010/2011: Inter Juara Coppa Italia, Milan Scudetto

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 13 Mei 2022 08:15 WIB
AC Milans Franck Kessie reacts after missing a scoring chance during an Italian Cup semifinal, second leg, soccer match between Inter Milan and AC Milan, at the San Siro stadium, in Milan, Italy, Tuesday, April 19, 2022. (AP Photo/Luca Bruno)
Inter Milan juara Coppa Italia, AC Milan jatah Scudetto? (AP/Luca Bruno)
Roma -

Inter Milan Juara Coppa Italia, Juventus nirgelar, dan AC Milan mendekati Scudetto. Musim 2021/2022 di Italia mirip dengan apa yang terjadi 11 tahun lalu.

Inter merebut trofi pertama di Negeri Pizza musim ini setelah mengalahkan Juventus 4-2 di Final Coppa Italia, Kamis (12/5/2022) dini hari WIB. Setelah kedua tim berimbang 2-2 selama 90 menit, laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu 2x15 menit.

Inter mencetak dua gol di babak tersebut, yang semuanya diborong Ivan Perisic. La Beneamata meraih trofi Coppa Italia kedelapan sekaligus yang pertama setelah musim 2010/2011.

Sementara itu Juventus dipastikan mengakhiri musim tanpa gelar untuk pertama kalinya juga sejak 2010/2011. Juventus gagal bersaing di Serie A dan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions.

Ini merupakan kekecewaan besar bagi si Nyonya Tua yang punya skuat termahal di Italia saat ini. Tapi, kegagalan Juventus meraih trofi bisa jadi kabar baik untuk AC Milan.

Ya, AC Milan juga belum meraih trofi musim ini tapi mereka berada di pole position untuk merengkuh Scudetto. Dengan dua laga tersisa, Milan unggul dua poin dan head-to-head di puncak klasemen Serie A, atas juara bertahan sekaligus rival sekotanya Inter Milan.

Tim asuhan Stefano Pioli itu cuma butuh empat angka dari dua laga tersisa, menghadapi Atalanta dan Sassuolo. Jika Milan sampai jadi juara, maka deja vu musim 2010/2011 benar-benar ada.

Posisinya saat ini dan 11 tahun lalu sama. Juventus nirgelar, sementara Coppa italia jadi milik Inter dan Liga italia ke AC Milan. Milan kala itu menuntaskan musim dengan 82 poin, dua lebih banyak dari posisi saat ini.

Sementara, Inter punya dua poin lebih banyak, dan Juventus setidaknya finis lebih baik di Serie A, yakni empat besar ketimbang posisi tujuh.

(mrp/ran)