Setelah 12 Tahun, Juara Liga Italia Ditentukan Lagi di Hari Terakhir

Randy Prasatya - Sepakbola
Selasa, 17 Mei 2022 21:20 WIB
AC Milans Theo Hernandez, left, and Inter Milans Milan Skriniar vie for the ball during an Italian Cup semifinal, second leg, soccer match between Inter Milan and AC Milan, at the San Siro stadium, in Milan, Italy, Tuesday, April 19, 2022. (AP Photo/Luca Bruno)
AC Milan dan Inter Milan bersaing rebut Scudetto sampai pekan terakhir. (Foto: AP/Luca Bruno)
Jakarta -

Juara Liga Italia Serie A 2021/2022 harus ditentukan pada pekan terakhir. Momen seperti ini terakhir terjadi pada 12 tahun yang lalu.

AC Milan saat ini duduk di puncak klasemen dengan 83 poin. Inter Milan membuntuti dengan 81 angka dan menjadikan persaingan gelar juara ditentukan pada pekan terakhir.

Milan bertandang ke markas Sassuolo dan saat bersamaan Inter menjamu Sampdoria. Rossoneri cuma butuh hasil imbang untuk mengunci gelar juara karena jika Inter menang, Milan tetap meraih Scudetto lantaran unggul head to head.

Persaingan gelar juara sampai akhir musim ini terakhir terjadi pada 2009/2010. Inter dan AS Roma adalah pesaing dalam perburuan Scudetto.

Sebelum menjalani pekan terakhir di musim tersebut, Inter berada di puncak dengan keunggulan dua poin dari Roma. Nerazzurri akhirnya keluar sebagai juara setelah mengalahkan Siena dan di saat bersamaan Roma juga menang atas Chievo.

Perburuan gelar juara paling menarik di Serie A musim 2001/2002. Ada tiga tim yang pada saat itu memiliki peluang untuk juara, Inter Milan, Juventus, dan AS Roma.

Inter memiliki peluang juara paling besar karena berada di puncak dengan keunggulan satu poin dari Juventus selaku penghuni posisi kedua. AS Roma menguntit di posisi ketiga dengan tertinggal dua poin dari Inter.

Di laga terakhir, ketiga tim melakoni pertandingan tandang dengan kick-off serentak. Juventus tandang ke markas Udinese, Roma ke markas Torino dan Inter Milan ke kandang Lazio.

Juventus sukses meraih kemenangan dengan skor 2-0 atas Udinese, Roma juga menang tipis 1-0 atas Torino. Inter Milan harus menelan pil pahit karena takluk 2-4 atas tuan rumah Lazio.

Tim besutan Hector Cuper itu harus melepas gelar juara yang sudah di depan mata dengan dua kali mampu mengungguli Lazio sebelum kalah. Juventus pun akhirnya keluar sebagai juara.



Simak Video "AC Milan Tumbangkan AS Roma dengan 2-1"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/aff)